VIDEO: Temui Babinsa Se Indonesia, Jokowi Sebut Biaya Operasional Mereka Dinaikkan

Presiden Jokowi juga menyampaikan, bahwa Pemerintah terhitung bulan Juli 2018 telah menaikkan biaya untuk dukungan operasional Babinsa.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memberikan pengarahan langsung kepada 4.505 Babinsa se Indonesia, di Hanggar PT Dirgantara Indonesia, Husein Sastranegara, Bandung, Selasa (17/7/2018).

Pada acara tersebut, turut hadir Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kasad Jendral TNI Mulyono dan sejumlah pejabat lainnya.

Pada awal acara, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan sambutannya. Hadi berterimakasih atas kehadiran dan waktu yang diluangkan Presiden untuk bertemu Babinsa.

"Pak Presiden, banyak Babinsa yang bermimpi bertemu langsung dengan Bapak. Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami," kata Panglima TNI.

Hadi menjelaskan bahwa pada kesempatan terhormat tersebut, hadir 4.505 dari Indonesia. Sebanyak 4.435 Babinsa dari Kodam III/Siliwangi, dan 70 Babinsa dari 14 Kodam lainnya.

Secara keseluruhan, jumlah personel Babinsa yang ada di Indonesia ialah 60.239 personel.

"Tantangan ke depannya pasti semakin banyak dan berat. Saudara-saudara (Babinsa) sekalian diharapkan menjadi garda terdepan untuk menghadapi tantangan tersebut," kata Jokowi (17/7/2018).

Terkhusus perkembangan informasi dan cepatnya informasi yang masuk hingga ke Desa-desa, membuat Babinsa yang secara langsung berhadapan dengan masyarakat menurut Jokowi, harus mampu menyaring dan memberikan edukasi kepada masyarakat.

Berkembangannya paham radikalisme dan terorisme, menjadi perhatian khusus yang dipaparkan Jokowi.

"Ancaman saat ini tidak hanya ancaman fisik, tapi sudah berkembang ke arah ancaman ideologi. Babinsa harus memiliki kemampuan komunikasi sosial yang baik, bisa bergaul dengan seluruh komponen masyarakat," katanya.

Halaman
12
Editor: ahmad sabran
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved