Kapolri sebut Ulama dan Polisi Punya Kesamaan

Tito mengungkapkan, Polri memiliki tugas utama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum

Kapolri sebut Ulama dan Polisi Punya Kesamaan
Tribun Jateng
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian 

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyebut, Polri dan dai atau ulama memiliki kesamaan kepentingan. Kedua unsur ini sama-sama harus melayani dan mengayomi masyarakat.

"Kita punya banyak kepentingan yang sama antara Polri dan dai," kata Tito saat memberi sambutan pada acara Silaturahmi Nasional Dai Kamtibmas di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Tito mengungkapkan, Polri memiliki tugas utama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, melindungi dan melayani masyarakat, serta menjaga keutuhan NKRI.

Para dai pun disebut Tito memiliki peran sangat penting dalam kehidupan bangsa dan negara. Dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia dan 85 persen di antaranya adalah Muslim, maka posisi Muslim Indonesia dalam percaturan dunia Islam global sangat strategis.

Selain itu, masyarakat Indonesia pun masih sangat dipengaruhi pemikiran tokoh. Tito menyebut tak hanya tokoh agama, namun juga tokoh budaya, adat, seni, aktivis, wanita, pemuda, dan sebagainya. "Apalagi tokoh-tokoh keagamaan.

Secara realistis, de facto, tokoh agama paling didengar nomor satu oleh publik," tutur Tito. Oleh karena itu, para dai, khususnya dai kamtibmas yang merupakan mitra Polri sangat strategis. Sebab, mereka memiliki kewajiban menyebarkan kebenaran kepada masyarakat.

"Masyarakat kita selain patrilinealistik dan low class, yang mungkin belum cukup secara ekonomi atau kurang secara pendidikan. Sehingga, apa yang disampaikan tokoh-tokoh agama dianggap kebenaran dan tidak dikritik oleh masyarakat," jelas Tito.

Dengan menyebarkan kebenaran dan bukan kebencian, maka para dai memiliki tugas yang sama dengan Polri, imbuh Tito, yakni memelihara agar Indonesia tetap utuh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapolri Sebut Polisi dan Dai Punya Kesamaan",

Penulis : Sakina Rakhma Diah Setiawan
Editor : Diamanty Meiliana

Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved