Home »

News

» Jakarta

Jelang Pendaftaran Pilpres 2019, Spanduk Dukungan Sudah Bertebaran

Spanduk dukungan etnis Tionghoa kepada Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo terpasang.

Jelang Pendaftaran Pilpres 2019, Spanduk Dukungan Sudah Bertebaran
Warta Kota/Dwi Rizki
Spanduk dukungan capres bertebaran. 

JELANG pendaftaran Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang dimulai pada bulan Agustus mendatang, sejumlah spanduk telah bertebaran di Ibu Kota. 

Salah satunya spanduk dukungan Ketua Partai Gerindra terlihat di Jalan S Parman, Jakarta Barat, tepatnya di depan Central Park pada Selasa (17/7/2018).

Spanduk bertuliskan 'Kami Etnis Tionghoa Indonesia Mendukung Ganti Presiden 2019' .

Sementara, spanduk dukungan etnis Tionghoa lainnya terlihat terpasang di Jalan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat.

Spanduk dukungan kepada Presiden Joko Widodo itu bertuliskan 'Kami Warga Tionghoa Indonesia Mendukung Jokowi 2 Periode'.

Spanduk dukungan capres bertebaran.
Spanduk dukungan capres bertebaran. (Warta Kota/Dwi Rizki)

Diketahui, saling klaim dukungan dari etnis Tionghoa bermula saat Lieus Sungkharisma mengatasnamakan etnis Tionghoa seluruh Indonesia mendeklarasikan aksi tagar  #2019 Ganti Presiden di Café Kopi Oey, Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat pada bulan Mei 2018 lalu.

Terkait hal tersebut, kelompok masyarakat etnis Tionghoa Indonesia lainnya, antara lain Forum Tionghoa Nusantara, Forum Masyarakat Kalbar Peduli dan lainnya mengeluarkan pernyataan sikap, memprotes pernyataan Lieus.

Forum Indonesia Jaya bahkan mensomasi yang Lieus untuk segera minta maaf dalam waktu 2 x 24 jam sejak somasi dilayangkan. Pasalnya diduga telah mencatut nama etnis Tionghoa.

Lantaran somasinya tidak mendapat tanggapan dari Lieus Sungkharisma,  Tim Hukum Forum Indonesia Jaya, Suhadi melaporkan kejadian tersebut kepada Bareskrim Mabes Polri.

Lieus Sungkharisma dilaporkan atas dugaan tindak pidana pencemaran nama baik dan ujaran kebencian (hate Speech).

"Pernyataan sikap Lieus dan teman-temannya tersebut sama sekali tidak mewakili etnis Tionghoa. Banyak sekali masyarakat Tionghoa yang dikecewakan dengan ini," ujar Suhadi dalam siaran tertulis pada Selasa (17/7/2018).

Spanduk dukungan etnis Tionghoa kepada Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo terpasang di sejumlah lokasi Ibu Kota. 

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help