Asian Games 2018

Begini Cara Bawa Api Abadi Asian Games di Dalam Pesawat

Api abadi untuk Asian Games 2018 sudah tiba di Yogyakarta, Selasa (17/7/2018). Namun, bagaimana caranya api itu tetap menyala selama penerbangan?

Begini Cara Bawa Api Abadi Asian Games di Dalam Pesawat
Twitter/@_TNIAU
API Abadi untuk Asian Games 2018 saat diterbangkan dari New Delhi, India ke Yogyakarta, Indonesia. 

PENGIRIMAN api abadi Asian Games 2018 hingga rangkaian karnaval penyambutan mulai dari Bandar Udara Adi Sucipto hingga Museum Pusat Dirgantara Mandala, Yogyakarta, pada Selasa (17/7/2018) telah selesai.

Namun beragam pertanyaan masih membayangi netizen, khususnya bagaimana cara membawa api di dalam pesawat.

Pertanyaan itu salah satunya disampaikan oleh @sheque dalam postingan Airmin, admin twitter resmi TNI Angkatan Udara @_TNIAU.

Dirinya mempersoalkan larangan merokok di dalam pesawat, sementara pihak maskapai justru meperbolehkan membawa api menyala dari New Delhi, India menuju Yogyakarta, Indonesia.

"Kita di pesawat ngga boleh ngrokok. Tapi ini malah obor masuk pesawat. Halah," tulisnya kecewa.

Menjawab pertanyaan @sheque, Airmin memposting sebuah potret dua buah lentera api abadi ketika berada di dalam pesawat. Api abadi itu ditempatkan dalam lentera berwarna emas yang bertuliskan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Lentera tersebut dikunci pada rangka khusus yang ditempatkan di jok pesawat. Tidak terlihat adanya simpul khusus untuk menahan rangka, hanya seutas benang berbahan nilon terlihat longgar terikat pada salah satu kaki rangka.

"Menjawab twit @sheque airmin sampaikan bhw lentera pembawa api #AsianGames2018 ini bersertifikat, memiliki lisensi utk dibawa ke pesawat dlm keadaan menyala & sudah diuji coba secara resmi.
Nyala api sudah terukur dg baik, termasuk isi dari bahan bakarnya. #dmmp," tulis Airmin.

"Apa sdh disiapkan antisipasi nya airmin? Misal (amit2) terjadi turbulensi api jatoh ke kursi pesawat...dan selanjutnya horor," tulis Andika lewat @AndikaaryadiM

"Itu gak pake seatbelt apa gak bahaya min?," tulis Andi @andisturbia.

"Kan udah diikat itu ada belt warna kecoklatan," jawab Kang Rudi @kangruditbn.

Seperti diketahui sebelumnya, usai menempuh jarak lebih dari 8.000 kilometer dari New Delhi, India menuju Yogyakarta, Indonesia, api abadi akhirnya tiba.

Kedatangannya pun disambut dengan rasa bangga, sejumlah jet tempur dikerahkan mulai dari perbatasan Indonesia hingga mendarat di Bandara Internasional Adi Sucipto, Yogyakarta pada Selasa (17/7/2018).

Kabar tersebut disampaikan oleh Airmin lewat akun twitter resmi TNI Angkatan Udara @_TNIAU. Dalam potret yang diunggah, terlihat sebanyak empat unit pesawat tempur F16 mengawal di kanan dan kiri pesawat Boeing 737 pembawa api abadi.

"Wujud kebanggaan TNI AU dalam menyambut dan mendukung #AsianGames2018 dengan melakukan penjemputan api obor abadi dari India dan melaksanakan pengawalan sebelum mendarat di Lanud Adi Sucipto," tulis Airmin pada Selasa (17/7/2018).

"Rombongan pembawa api #AsianGames2018 telah tiba di Lanud Adi Sucipto setelah sebelumnya pesawat yg membawa lentera api #AsianGames2018 dikawal oleh empat buah tempur TNI AU," tulisnya lagi. 

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved