Mulai 17 Juli 2018 Ada Penutupan Lajur di Tol Cikampek di Kawasan Bekasi, Tiga Lajur Akan Ditutup

PT Jasa Marga Tbk. akan menutup tiga lajur lintasan Tol Jakarta-Cikampek di wilayah Bekasi, Selasa (17/7/2018).

Mulai 17 Juli 2018 Ada Penutupan Lajur di Tol Cikampek di Kawasan Bekasi, Tiga Lajur Akan Ditutup
Warta Kota/Muhammad Azzam
Tol Cikampek. 

WARTA KOTA, PALMERAH---PT Jasa Marga Tbk. akan menutup tiga lajur lintasan Tol Jakarta-Cikampek di wilayah Bekasi, Selasa (17/7/2018).

Penutupan ketiga jalur itu karena ada kegiatan commissioning erection steel box girder dengan launcher gantry pada pembangunan jalan tol layang (elevated).

"Akan dilakukan penutupan lajur, yaitu tiga lajur arah Cikampek di lajur 4, 3 dan 2. Tiga lajur arah Jakarta di lajur 4, 3 dan 2," kata Pemimpin Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Iwan Dewantoro, seperti dilansir Antaranews.com, Senin (16/7/2018).

Baca: Proyek Tol Layang Jakarta Cikampek Dihentikan 20 Hari Selama Libur Lebaran

Maksud dari pelaksanaan komisioning adalah pengujian operasional suatu pekerjaan secara nyata maupun secara simulasi untuk memastikan bahwa pekerjaan tersebut telah dilaksanakan dan memenuhi semua peraturan yang berlaku sesuai standar yang telah ditetapkan.

Menurut dia, jalan Tol Jakarta-Cikampek II layang akan menggunakan launcher gantry sebagai alat erection steel box girder.

Baca: Liburan Natal dan Tahun Baru, Proyek Tol Layang Cikampek Dihentikan Sementara

"Sebelumnya, sudah menggunakan tandem crane untuk kegiatan serupa," katanya.

Salah satu lokasi pengerjaan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated dengan menggunakan launcher gantry merupakan median Jalan Tol Jakarta- Cikampek eksisting dari Bekasi Timur ke arah Tambun sehingga untuk memastikan keamanan dan keselamatan akan dilakukan penutupan sebagian lajur jalan.

Adapun rencana keseluruhan pelaksanaan erection steel box girder dengan launching gantry tersebut secara paralel dijadwalkan di tiga lokasi median jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting yaitu dari Bekasi Barat ke Bekasi Timur, Bekasi Timur ke Tambun, dan Cikarang Barat ke Km 39 pada Agustus 2018.

Baca: Proyek Jalan Tol Layang di Japek Capai 9 Persen

Secara keseluruhan pekerjaan erection steel box girder dengan launcher gantry dijadwalkan selesai pada akhir Desember 2018.

Pelaksanaan commissioning erection steel box girder dengan launcher gantry tersebut termasuk dalam kategori pekerjaan dengan risiko tinggi sehingga perlu diantisipasi jatuhnya korban dengan penutupan akses jalan.

Halaman
12
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help