Kurangi Pencemaran Udara, Uji Emisi Kendaraan Digelar di Jakut

Uji emisi digelar sebagai salah satu upaya untuk mengurangi kadar pencemaran udara di Jakarta.

Kurangi Pencemaran Udara, Uji Emisi Kendaraan Digelar di Jakut
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara Slamet Riyadi melakukan uji emisi terhadap kendaraan yang melintas di Jalan H. Benyamin Sueb, Pademangan, Jakarta Utara, Senin (16/7/2018). 

UJI emisi kendaraan bermotor digelar di Jalan H. Benyamin Sueb, Pademangan, Jakarta Utara, Senin (16/7). Kegiatan tersebut digelar untuk menekan tingkat pencemaran udara.

Satu per satu kendaraan roda empat yang melintas di lokasi, diberhentikan petugas. Mereka diwajibkan untuk mengikuti proses uji emisi selama beberapa saat. Jika lolos, maka kendaraan tersebut akan ditempeli stiker lulus uji emisi.

Wali Kota Jakarta Utara, Syamsuddin Lologau mengatakan kegiatan semacam ini sudah biasa dilakukan. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka untuk mengurangi pencemaran udara khususnya di Jakarta Utara.

“Pengujian yang sudah dilakukan di sini dalam rangka mengurangi pencemaran. Kenapa? Karena begini, kita kan juga berharap kepada pemilik kendaraan, dia bisa memperbaiki kendaraannya sehingga polusi udara ini tidak terlalu banyak,” katanya.

Sementara mengenai pemilihan tempat, Syamsuddin mengatakan ada beberapa alasan mengapa pihaknya memilih Jalan H. Benyamin Sueb sebagai lokasi uji emisi kendaraan. Pasalnya di lokasi tersebut ada banyak kendaraan yang melintas.

“Kenapa dilaksanakan di sini? Karena di sini pertama pemilik kendaraan juga banyak, yang kedua di sini ada wisma atlet, Asian Games. Kalau di sini memang baru kali ini tapi kalau uji emisi sudah sering dilakukan, kan ada Pergub-nya,” katanya.

Sementara itu salah seorag pengemudi, Adit (27) mengaku tidak menyangka di tempat itu ada kegiatan uji emisi kendaraan dadakan. Tiba-tiba saja mobilnya diberhentikan petugas untuk mengikuti uji emisi kendaraan.

“Bingung juga, kirain ada razia. Ternyata uji emisi kendaraan,” ungkapnya.

Namun setelah menunggu beberapa menit, kendaraannya dinyatakan lulus uji emisi. Alhasil tanpa menunggu lama, mobilnya langsung ditempeli stiker tanda lulus uji emisi oleh petugas.

“Tadi sih hasilnya lulus uji emisi, nggak ada masalah. Kebetulan emang rajin diservis berkala juga. Tapi lumayan sih, uji emisi gratis hahaha,” katanya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help