Home »

News

» Jakarta

Kasat Lantas Jaktim Berharap Festival Condet Tidak Digelar di Jalan

Kasat Lantas Polres Jakarta Timur, AKBP Sutimin berharap kegiatan tersebut tidak lagi digelar di jalan.

Kasat Lantas Jaktim Berharap Festival Condet Tidak Digelar di Jalan
Kompas.com
Festival Condet yang dilaksanakan dengan penutupan jalan. 

DIRENCANAKAN, Festival Condet akan digelar selama dua hari pada Sabtu (28/7/2018) hingga Minggu (29/7/2018).

Nantinya, dalam pegelaran budaya betawi tersebut Jalan Raya Condet akan ditutup sementara waktu.

Namun menyikapi rencana digelarnya festival tersebut, dengan menutup Jalan Raya Condet, Kasat Lantas Polres Jakarta Timur, AKBP Sutimin berharap kegiatan tersebut tidak lagi digelar di jalan.

Dirinya menyarankan, agar kegiatan tersebut dapat digelar di RPTRA. Ia beralasan, saran yang ia tuangkan tersebut menginggat dampak dari penutupan Jalan Raya Condet saat kegiatan tersebut berlangsung pada 2017 tahun lalu.

"Belajar dari pengalaman tahub 2017 itu jalan raya bogor itu cukup stag karena hampir seluruhnya mengarah kesana. Memang pada hari biasanya juga macet ya. Apa lagi sabtu minggu. Kita tau lah padat," kata Sutimin saat dikonfirmasi, Senin (16/7/2018).

Walau begitu pihaknya mengaku mendukung akan kegiatan tersebut, hanya saja untuk meminimalisir dampak kemacetan dirinya menyarankan kegiatan tersebut dapat digelar di lokasi lain yang berada di Condet.

Namun jika pihak panitia tetap melaksanakan kegiatan tersebut dengan menutup jalan, Satlantas Jakarta Timur siap melakukan pengaturan arus lalu lintas agar kondisi jalan tidak terjadi kemacetan panjang.

"Kami tentu siapkan pengamanan. Sudah kami koordinasikan dengan Kapolsek bagaimana sifatnya saran masukan terbaik menurut Subditlantas, karena kepentingan umum itu diprioritaskan. Keduanya sama-sama penting tapi bagaimana kita belah dua lah," katanya.

Menyikapi kemacetan yang terjadi pada 2017 tahun lalu, Sutimin menjelaskan ada beberapa titik kemacetan yang terjadi akibat penutupan dalam festival tersebut seperti di sekitar PGC dan Gang Gardu. Untuk itu arus lalulintas akan dialihkan melalui Jalan Raya Bogor.

Dirinya mengakui bahwa kemacetan memang sudah terjadi walaupun tidak adanya kegiatan tersebut. Walau begitu pihaknya akan siap untuk mengatasi permasalah-permasalah yang ada dilapangan dengan belajar dari pengalaman tahun sebelum.

"Saya sebagai Kasatlantas memberikan gambaran itu. Namun tetap kita mendukung dan menyiapkan. Walaupun disarankan yang terbaik untuk kepentingan semua. Saya ditengah ini. Kalo tetap sesuai yang diinginkan, kita konsepnya pengamannya satu minggu sebelumnya," katanya.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help