Pendaftaran CPNS 2018

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Wajib Baca Ini Sebelum Ikut Seleksi

Kelak jika diterima menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), mereka tidak bisa seenaknya sendiri mengupload berita-berita hoax.

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Wajib Baca Ini Sebelum Ikut Seleksi
wartakota/nur ichsan
tes cpns 

WARTA KOTA, PALMERAH--Sebelum mendaftarkan diri dan mengikuti tes CPNS tahun 2018, ada baiknya calon pegawai negeri sipil yang akan belajar santun, arif dan bijak dalam bermedia sosial.

Mengapa? Kelak jika diterima menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), mereka tidak bisa seenaknya sendiri mengupload berita-berita hoax di masing-masing akun media sosialnya.

Baca: Dokter yang Merekayasa Penyakit Setya Novanto Divonis Tiga Tahun Penjara dan Denda Rp 150 Juta

Ada Surat Edaran Nomor 137 Tahun 2018 tentang Penyebaran Informasi Melalui Media Sosial Bagi Aparatur Sipil Negara yang dikeluarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan RB) Asman Abnur.

"Melalui surat edaran saya ini, saya mengingatkan kepada seluruh ASN agar berkomunikasi di media sosial secara santun. Jangan jadi penyebar berita-berita hoaks," ujar Asman beberapa waktu lalu.

Baca: Kebakaran di Sunter Agung, Citra Tak Dapat Bertemu Teman Baru saat Hari Pertama Sekolah

Surat edaran itu segaja dibuat untuk mengatur perilaku individu ASN. "Jadi sebagai ASN, ada peraturan yang mengikat dia," lanjutnya.

Asman mengatakan, sebenarnya sudah ada aturan mengenai perilaku ASN yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Baca: Mamah Muda Jangan Lebay, Begini Aturan Unggah Hari Pertama Anak Sekolah di Medsos

Surat edaran ini pun hanya bersifat imbauan sekaligus mengingatkan. Oleh sebab itu, ada sanksi bagi yang melanggarnya.

Sanksi mulai dari jenis ringan hingga berat. "Ada sanksinya. Bisa peringatan ringan, bisa peringatan keras. Ya tergantung kontennya seperti apa. Sanksi yang berat itu bisa penurunan jabatan/ pangkat dan ada yang dipecat," ujar Asman.

Baca: Jaksa Agung Prasetyo Meminta Tommy Soeharto Segera Serahkan Gedung Granadi

Menteri PANRB menegaskan agar para pegawai ASN dalam penyebaran informasi melalui media sosial (Medsos) memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

1. Memegang teguh ideologi Pancasila, setia, dan mempertahankan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta pemerintahan yang sah, mengabdi kepada negara dan rakyat Indonesia, serta menjalankan tugas secara profesional dan tidak berpihak

Halaman
12
Penulis: Achmad Subechi
Editor: Achmad Subechi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved