Tinjau Proyek LRT di Kelapa Gading, Menteri Perhubungan Tegaskan Komitmen Utamakan Keselamatan

Selama berada di sana, Budi Karya mendapat penjelasan progress pembangunan proyek LRT Jakarta.

Tinjau Proyek LRT di Kelapa Gading, Menteri Perhubungan Tegaskan Komitmen Utamakan Keselamatan
WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta di Stasiun Kelapa Gading Boulevard, Jakarta Utara, Minggu (15/7/2018). 

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta di Stasiun Kelapa Gading Boulevard, Jakarta Utara, Minggu (15/7/2018).

Progress pembangunan proyek LRT Jakarta sudah mencapai 79 persen. Setibanya di lokasi, Budi Karya bersama rombongan serta pejabat dari PT Jakarta Propertindo, langsung meninjau Stasiun Kelapa Gading Boulevard. Selama berada di sana, Budi Karya mendapat penjelasan progress pembangunan proyek LRT Jakarta.

Budi Karya dan rombongan juga berkesempatan menumpang LRT Jakarta saat uji dinamis, hingga beberapa kali sepanjang 1 kilometer. Budi Karya juga sempat melihat-lihat ruang masinis.

Stasiun LRT Kelapa Gading Boulevard, Jakarta Utara, Minggu (15/7/2018).
Stasiun LRT Kelapa Gading Boulevard, Jakarta Utara, Minggu (15/7/2018). (WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN)

“Hari ini saya meninjau LRT yang dikerjakan oleh PT Jakpro, sekarang 79 persen. Tapi dari 79 persen itu 15 persen ada di depo, sarana dan kereta apinya 92 persen,” ungkap Budi Karya.

Terkait depo yang belum rampung, kata Budi Karya, hal itu masih bisa disiasati. Sebab, tempat penyimpanan yang ada sekarang masih sanggup untuk menampung seluruh rangkaian gerbong LRT Jakarta.

“Kita ada penyimpanan sementara di depan Mal Kelapa Gading. Kalau untuk delapan train set sih masih bisa, deponya kan disediakan untuk hampir 116 rangkaian. Nah itu (selesainya kapan) berlanjut karena itu menyangkut integrasi ke 40 kilometer, bukan cuma 5,8 kilometer,” jelasnya.

Stasiun LRT Kelapa Gading Boulevard, Jakarta Utara, Minggu (15/7/2018).
Stasiun LRT Kelapa Gading Boulevard, Jakarta Utara, Minggu (15/7/2018). (WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN)

Dalam kesempatan itu, Budi Karya menekankan faktor keselamatan sebagai salah satu poin penting pembangunan transportasi massal. Jangan sampai karena terburu-buru, nyawa justru menjadi taruhannya.

“Saya tadi berpesan, karena menyangkut angkutan massal dan publik, kita juga lagi finishing, kita harus pastikan safety itu diutamakan, harus diperhatikan sekali. Tadi bahkan kita sudah tanda tangan, berarti harus ada satu komitmen bersama untuk mengutamakan safety,” tegasnya.

Lalu bagaimana rasanya menumpang LRT Jakarta?

“Bagus-bagus,” jawab Budi Karya. (*)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved