PPDB 2018

Ortu Siswa Duga Banyak Siswa Titipan di PPDB SMP di Tangsel

PPDB online untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama di Kota Tangerang Selatan, Banten, hingga kini berlangsung kisruh.

Ortu Siswa Duga Banyak Siswa Titipan di PPDB SMP di Tangsel
WARTA KOTA/ZAKI ARI SETIAWAN
Mimi menunjukkan bukti pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) Tangsel di SMP 11 Serpong, Sabtu (14/7/2018). 

PENGUMUMAN Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, hingga kini berlangsung kisruh.

Para orangtua murid menduga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat banyak meloloskan siswa titipan dalam PPDB tahun 2018 ini.

Sebab, dalam pengumuman hasil seleksi yang dikeluarkan Disdikbud Tangsel pada tanggal 13 Juli 2018, sejumlah siswa dengan nilai USBN tinggi mendadak terbuang dan digeser oleh siswa yang nilai USBN lebih rendah.

Saptono Tarigan, salah seorang orangtua murid mengaku heran dengan hasil pengumuman PPDB yang dikeluarkan Disdikbud Tangsel.

Karena, putrinya, Laudry Lameila Tarigan, yang memiliki nilai USBN 264,4 malah terbuang saat pengumuman hasil seleksi akhir PPDB dengan pilihan SMP Negeri 8 Tangsel.

“Dari awal pendaftaran hingga malam tanggal 12 Juli jelang pengumuman, nama anak saya ada dan berada di posisi aman. Namun, pada pagi hari pas pengumuman online, nama anak saya hilang. Ironisnya, ada 4 siswa dengan nilai USBN lebih rendah tiba-tiba muncul di pengumuman untuk siswa luar zona,” kata Tarigan, Minggu (15/7/2018).

Tarigan menduga, ke empat siwa tersebut kemungkinan siswa titipan dari para oknum yang memiliki hubungan kedekatan dengan Disdikbud Tangsel.

Apalagi, kuota yang tersedia di SMP Negeri 8 untuk pendaftar luar zona hanya 10 siswa.

“Saya sudah bolak-balik mencoba menanyakan masalah ini ke Disdikbud Tangsel, tapi tak satupun pejabat di sana yang bisa ditemui. Semoga nasib yang dialami anak saya ini menjadi perhatian Pemkot Tangsel,” katanya.

Beda halnya dialami Heri, orangtua murid lainnya.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved