Home »

News

» Jakarta

Festival Condet 2018 Disarankan Tak Digelar di Jalan Raya Condet

Saran tersebut disampaikannya berdasarkan evaluasi dan pengalaman acara serupa pada tahun sebelumnya

Festival Condet 2018 Disarankan Tak Digelar di Jalan Raya Condet
Joko Supriyanto
Suasana Festival Condet di tahun 2017 yang dipenuhi sejumlah stand makanan dan minuman serta souvenir yang menarik minat pengunjung untuk mendatanginya. 

Warga Condet meminta kepada pihak kepolisian menutup jalan sementara untuk keperluan Festival Budaya Condet pada 28-29 Juli 2018.

Kasat Lantas Polres Jakarta Timur AKBP Sutimin membenarkan adanya permintaan tersebut.

Meski demikian, pihaknya sudah menyurati penyelenggara agar pelaksanaan festival itu tidak sampai menutup akses utama yaitu Jalan Raya Condet.

"Kami mendukung tradisi budaya Betawi karena memang untuk kerakyatan. Namun, saya juga bersurat memberikan saran agar kegiatan tersebut diadakan menggunakan jalan lain, tidak di akses utamanya," ucap Sutimin ketika dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (14/7/2018) malam.

Ia menyarankan festival diselenggarakan di sepanjang Jalan Gardu, di perempatan Condet.

Dengan demikian, Jalan Raya Condet tetap bisa dilintasi pengguna jalan lainnya, apalagi jalan tersebut merupakan satu-satunya akses utama masyarakat dan angkutan umum.

Saran tersebut disampaikannya berdasarkan evaluasi dan pengalaman acara serupa pada tahun sebelumnya yang berbuntut kemacetan panjang di beberapa ruas alternatif.

"Belajar dari pengalaman 2017, Jalan Raya Bogor itu cukup stuck karena hampir seluruh (kendaraan) mengarah ke sana. Kita tahulah di situ, hari biasa saja sudah macet, apalagi Sabtu-Minggu dan jalan ditutup," ujarnya.

Titik kemacetan yang terjadi tahun lalu akibat penutupan jalan di Kramatjati, Simpang Hek, Simpang PGC, Lampu Merah Jambul, dan Jalan Raya Bogor.

Jika festival tetap diselenggarakan di Jalan Raya Condet, mulai Gang Bulu sampai Gang Gardu, pihaknya akan mengerahkan personel serta menyiapkan rekayasa lalu lintas.

"Kami sudah koordinasikan dengan polsek bagaimana sebaiknya, karena kepentingan umum tetap diprioritaskan," ucapnya.

Penulis: Stanly Ravel

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi Sarankan Festival Condet Tak Diselenggarakan di Jalan Raya Condet"

Editor: murtopo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help