Sebagian Kelapa Gading Bebas Penampungan dan Penyembelihan Hewan

Sebagian wilayah Kecamatan Kelapa Gading masuk zona bebas penampungan dan penyembelihan hewan.

Sebagian Kelapa Gading Bebas Penampungan dan Penyembelihan Hewan
Warta Kota/Adhy Kelana
Jelang Hari Raya Idul Adha penjual hewan kurban mulai menjamur di Jakarta. Penjual hewan kurban musiman ini seperti terlihat di kawasan Batu Ampar Condet, Jakarta Timur, Selasa (10/7). 

SUKU Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara menetapkan sebagian wilayah Kecamatan Kelapa Gading masuk zona bebas penampungan dan penyembelihan hewan.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara, Rita Nirmala mengatakan zona itu meliputi sebagian RW 17 dan RW 03 Kelurahan Kelapa Gading Timur serta RW 04 dan RW 05 Kelurahan Kelapa Gading Barat.

“Hal ini sesuai dengan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 123 Tahun 2017 tentang pengendalian penampungan dan pemotongan hewan,” ungkap Rita, Jumat (13/7/2018).

Menurutnya tidak boleh ada aktivitas penampungan dan penyembelihan hewan kaki empat dalam radius 1 kilometer dari Equistrian Venue Asian Games 2018, Pulomas, Jakarta Timur selama pelaksanaan itu berlangsung.

Hal ini terkait persyaratan untuk memperoleh sertifikasi EDFZ agar bisa menggelar event internasional. Pasalnya tanpa sertifikasi EDFZ, Equistrian Park Pulomas tidak diizinkan menjadi tempat perhelatan Asian Games 2018.

“Kita sudah dua kali sosialisasikan kepada warga, terakhir kita laksanakan kemarin. Alhamdulillah setelah kita memberikan penjelasan warga mau mengerti,” ujarnya.

Selain itu pihaknya juga mensosialisasikan kepada seluruh pihak terkait, seperti pengurus masjid, tokoh masyarakat dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Kelapa Gading, agar pelaksanaan Asian Games 2018 berjalan dengan baik.

Rita pun berharap seluruh elemen masyarakat agar maklum dengan memindahkan pelaksanaan penampungan dan pemotongan hewan kurban di masjid dan musala pada saat Hari Raya Idul Adha mendatang.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help