VIDEO: Ibu-ibu Geruduk Balai Kota Depok Lantaran PPDB

5 orangtua murid menyampaikan aksi protesnya di Kantor Dinas Pendidikan Kota Depok terkait banyaknya warga miskin

SEBANYAK  65 orangtua murid menyampaikan aksi protesnya di Kantor Dinas Pendidikan Kota Depok terkait banyaknya warga miskin Depok yang ditolak dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Rabu (11/7/2018).

Menurut para orangtua yang menggelar aksi itu, anaknya tidak diterima di sekolah di Depok padahal tempat tinggal mereka tidak jauh dari SMP negeri atau satu zona dan mereka berstatus warga miskin.

Dalam menggelar aksi tersebut, para orangtua yang didominasi ibu-bu ini membawa spanduk yang bertuliskan

"Stop Tolak Siswa Miskin di Sekolah Negeri". “Kami minta hak kami untuk bersekolah di negeri, negeri itu untuk kami warga miskin,” ujar para orangtua yang beraksi tersebut di Kantor Dinas Pendidikan Kota Depok, Rabu (11/7/2018).

Baca: Ridwan Kamil Ikhlas Anaknya Tidak Masuk Sekolah Negeri

Baca: Anak Ridwan Kamil Nangis Tak Diterima di Sekolah Favorit

Baca: Aher Sosok yang Paling Dilirik Dampingi Prabowo, Ini Alasan Gerindra

Salah satu peserta aksi, Sophia (50), warga Beji Timur, RT 004/ RW 014, mengatakan bahwa sekolah SMPN 5 hanya berjarak 50 meter dari rumahnya. Namun, ia tidak diterima di SMP negeri itu.

“Saya menuntut hak saya kalau pakai zonasi nilainya ditambah 100, rumah saya sudah dekat dengan sekolah loh tinggal jalan doang, persyaratan sudah terpenuhi, anak saya yatim, masak enggak diterima,” ucap dia.

Sophia mengatakan, pekerjaannya sebagai pembantu rumah tangga tidak akan mampu menyekolahkan anaknya di sekolah swasta karena biayanya yang lebih mahal.

“Mana mampu mbak sekolah di swasta, banyak pengeluaran,” kata dia.

Ia pun meminta Pemerintah Depok untuk tidak membatasi siswa miskin mendaftar di sekolah negeri dan meminta daya tampung sekolah negeri untuk siswa miskin ditambah.

Sophia merasa kecewa karena anaknya tidak diterima di sekolah negeri.

Halaman
12
Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help