Home »

Video

VIDEO: Detik-detik Sprinter Zohri Bawa Indonesia Masuk Rekor IAAF

LALU Muhammad Zohri, pelari cepat asal Lombok, NTB memenangkan final lari sprint 100 meter kategori U-20 pria IAAF di Tampere, Finlandia.

VIDEO: Detik-detik Sprinter Zohri Bawa Indonesia Masuk Rekor IAAF
istimewa
Lalu Muhammad Zohri sempat kebingungan mencari bendera Merah Putih setelah dipastikan jadi juara dunia. Ia akhirnya mendapatkan bendera Indonesia dari panitia yang sudah menyiapkannya. 

LALU Muhammad Zohri, pelari cepat asal Lombok, Nusa Tenggara Barat berhasil memenangkan final lari sprint 100 meter kategori U-20 pria International Association of Athletics Federations (IAAF) di Tampere, Finlandia.

Indonesia pun masuk dalam buku rekor IAAF. 

Kemenangan Zohri di Ratina Stadium, Tampere itu terekam 10.18 detik atau unggul dari pasangan pelari asal Amerika Serikat, Anthony Schwartz dengan waktu 10.22 detik dan Eric Harrison dengan catatan waktu 10.22 detik.

Catatan waktu Zohri selisih tipis dari rekor dunia untuk lari 100 U-20 yang masih dipegang oleh Trayvon Bromfll asal Amerika Serikat dengan catatan waktu 9,97 detik pada tanggal 13 Juni 2014.

Dibuntuti Adam Gemili asal Great Britania dengan catatan waktu 10,05 detik pada tanggal 11 Juli 2018 dan Anthony Schwartz dengan catatan waktu 10,09 detik pada tanggal 2 Juni 2018.

Walau begitu, prestasi tersebut merupakan kali pertama Indonesia meraih kemenangan sejak mengikuti ajang IAAF pada 32 tahun silam, tepatnya tahun 1986. Remaja berusia 18 tahun itu mengibarkan Sang Merah Putih di atas bendera Amerika Serikat.

"Saya akan berpesta malam ini. Saya sangat senang dengan PB dan catatan junior nasional saya. Sekarang, saya akan mempersiapkan Asian Games bulan depan. Saya sangat bangga, ini adalah pengalaman yang luar biasa dan ini sangat bagus untuk karir saya," ungkapnya dikutip dari situs resmi IAAF, https://iaaf.org pada tanggal 11 Juli 2018.

Seperti diketahui sebelumnya, terbuai dengan hiruk pikuk Piala Dunia serta persiapan Asian Games 2018, atlet Indonesia tengah menjalani ajang Atletik bergengsi, International Association of Athletics Federations (IAAF) di Tampere, Finlandia.

Tanpa dukungan, Lalu Muhammad Zohri berhasil finish menjadi juara dunia.

Detik-detik kemenangan remaja yang akrab disapa Bocah Ajaib asal Lombok itu terekam dalam postingan video yang diunggah Mr TT lewat channelnya, https://youtu.be/pYXyXNCjjzA. Video tersebut merekam kejuaraan final lari sprint 100 meter kategori U-20 pria.

Zohri unggul dari Dominic Ashwell asal Great Britain, Daisuke Minamoto asal Jepang, Michael Stephen asal Jamaika, Eric Harrison asal Amerika, Henrik Larson asal Swedia, Anthony Schwartz asal Amerika dan Thembo Monareng asal Afrika Selatan.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help