Asian Games 2018

Pelebaran Jalan Sambut Asian Games 2018 di Kabupaten Tangerang Telan Dana Rp 1,7 Miliar

"Dengan teknologi beton bisa cepat, anggaran sudah siap. Tinggal alat dan tenaga yang kita tambah jadi saya optimis ini selesai."

Pelebaran Jalan Sambut Asian Games 2018 di Kabupaten Tangerang Telan Dana Rp 1,7 Miliar
Warta Kota/Andika Panduwinata
Penjabat Bupati Tangerang Komarudin (kedua dari kanan) ketika memantau pelebaran jalan di dekat lokasi venue Pentathlon di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Kamis (12/7/2018). 

WARTA KOTA, TANGERANG--- Dana yang digelontorkan untuk pelebaran jalan di Kabupaten Tangerang menelan dana Rp 1,7 miliar.

Pelebaran jalan itu harus dikebut untuk menyambut acara akbar Asian Games 2018 di Tanah Air.

Menurut Penjabat Bupati Tangerang, Komarudin, dana tersebut berasal dari program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) swasta.

"Kan kita punya kerjasama pihak swasta jadi ini menggunakan CSR dari swasta. Untuk jalan kita alokasikan 1,7," kata Komarudin, Kamis (12/7/2018).

Saat itu, dia sedang memantau pelebaran jalan di dekat lokasi Pentathlon di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Kamis (12/7/2018).

Baca: Satpol PP Kabupaten Tangerang Mendata 500 Reklame Siap Dibongkar

Aliran dana dari pihak swasta harus dilakukan lantaran anggaran daerah dari Pemerintah Kabupaten Tangerang sudah ditutup sejak Desember 2017 lalu.

"Karena sudah lewat dari siklus anggaran kita tidak gunakan APBD (Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah--Red)," ujarnya.

Jalan sepanjang 1 kilometer ini nantinya akan dilebarkan di bagian kiri dan kanannya menjadi lebih dari 5 meter. Pasalnya, akses utama menuju venue awalnya hanya selebar sekitar 4 meter.

Dia yakin, pelebaran jalan ini akan selesai dalam waktu dua minggu sebelum perhelatan Asian Games dimulai tanggal 18 Agustus 2018 mendatang.

Baca: Aspirasi Pembangunan JPO dan Pelebaran Jalan Jadi Hal Utama Dalam Musrembang Duren Sawit

"Dengan teknologi beton bisa cepat, anggaran sudah siap. Tinggal alat dan tenaga yang kita tambah jadi saya optimis ini selesai," katanya. 

Proses pembangunan pelebaran jalan, menurut Komarudin, akan melibatkan warga sekitar.

"Karena ini CSR, jadi kita libatkan masyarakat untuk kerja di sini, PU dari teknis menyusun perencanaan detilnya, pengawasannya," katanya.

Sedangkan untuk dana publikasi dan lainnya mencapai Rp 750 juta.  "Yang lain untuk publikasi event dan lain-lain itu 750," ujar Komarudin.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help