Pilpres 2019

Lelah Cari Dukungan, Sam Aliano Berniat Gugat Aturan Ambang Batas Pencapresan ke MK

Dalam ajang pemilihan presiden (pilpres) selalu muncul sederetan nama calon alternatif atau calon dadakan, salah satunya adalah Sam Aliano.

Lelah Cari Dukungan, Sam Aliano Berniat Gugat Aturan Ambang Batas Pencapresan ke MK
Warta Kota/Nur Ichsan
Sam Aliano yang mengklaim bakal menjadi calon presiden alternatif saat mengunjungi Kantor Redaksi Harian Warta Kota, Jumat (6/7/2018). 

PENGUSAHA muda yang mendeklarasikan diri sebagai bakal calon presiden 2019, Sam Aliano, akan mengerahkan massa ke Mahkamah Konstitusi Jakarta, pada Kamis (12/7/2018) sekitar pukul 10.00 WIB.

Kedatangan Sam Aliano dan massa tersebut bertujuan menggugat pasal 222 Undang-undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Ambang Batas Pencalonan Presiden.

Dalam UU tersebut diatur mengenai pencalonan presiden harus berdasarkan perolehan kursi di DPR sebanyak 20 persen, atau 25 persen suara sah nasional.

Baca: Sam Aliano Ingin Memperistri Janda Ahok, Warganet: Katanya Orang Kaya, Kok Hobinya Barang Bekas?

Aksi Sam Aliano bersama massa relawannya juga akan dihiasi oleh beberapa spanduk yang di antaranya bertuliskan "Pak jokowi mengatakan banyak capres banyak pilihan? Mana buktinya," "Tolak ambang batas, MK ikuti harapan rakyat," dan " MK selamatkan demokrasi bangsa."

Dalam ajang pemilihan presiden (pilpres) selalu muncul sederetan nama calon alternatif atau calon dadakan, salah satunya adalah Sam Aliano.

Tidak semua calon alternatif berhasil berlaga di kontes pilpres tersebut, karena tidak mendapatkan dukungan dari partai politik.

Baca: Disindir karena Ingin Memperistri Veronica Tan, Sam Aliano Malah Sebut Adik Ahok Makin Cantik

Jika aturan mengenai ambang batas ini dihapus, mungkin saja akan membuka peluang lebih besar bagi para calon alternatif untuk berlaga di ajang pilpres, bila mendapatkan dukungan parpol.

"Sebagai calon alternatif saya merasa dizalimi. Kami terjebak karena ada satu calon yang menguasai sebagian besar partai politik. Jadi sisanya yang sedikit itu yang direbutkan oleh calon lainnya. Ini tidak adil. Sedangkan aturan ambang batas mengharuskan 20-25 persen kursi di DPR," tutur Sam Aliano saat dihubungi Warta Kota, Rabu (11/7/2018).

Sam ingin ada partai politik mendukungnya untuk maju sebagai capres. Namun, lagi-lagi ia harus merebutkan partai politik yang tersisa dengan calon alternatif lainnya.

Baca: Sam Aliano Incar Veronica Tan Jadi Istri, Adik Ahok: Mau Numpang Terkenal Ya?

"Kami semua sama. Saya, Gatot Nurmantyo, dan yang lainnya setiap hari loncat-loncat cari dukungan sana-sini. Kami ini capek," keluhnya.

Sam Aliano maju sebagai bakal calon presiden karena merasa memiliki program kerja yang bagus, yakni menghapus utang negara. Sebab, menurutnya, utang ini dapat merusak struktur perekonomian rakyat, serta menjadi beban bagi anak dan cucu bangsa nantinya. (*)

Penulis: Hamdi Putra
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help