Ciptakan Kebersihan, Pemkab Kepulauan Seribu Tingkatkan Jadwal Gerebek Sampah

Kepulauan Seribu akan meningkatkan jadwal gerebek sampah untuk menciptakan pulau-pulau yang bersih.

Ciptakan Kebersihan, Pemkab Kepulauan Seribu Tingkatkan Jadwal Gerebek Sampah
WARTA KOTA/PANJI BASKHARA RAMADHAN
Sampah menggunung di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, Minggu (3/6/2018). 

PEMERINTAH Kabupaten Kepulauan Seribu akan meningkatkan jadwal gerebek sampah untuk menciptakan pulau-pulau yang bersih.

Jika sebelumnya hanya digelar sekali dua minggu, maka kedepannya akan dilakukan dua kali seminggu.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kepulauan Seribu, Iwan Samosir mengatakan nantinya kegiatan gerebek sampah hanya digelar sekali dua minggu dengan melibatkan seluruh masyarakat dan unsur yang ada.

“Kita refresh kegiatan gerebek sampah yang tadinya rutin sekali dua minggu, tapi sekarang kita coba bikin dua kali seminggu, Senin dan Jumat. Kita coba budayakan sebelum kita bekerja, mengajak masyarakat membersihkan pulau,” katanya, Kamis (12/7).

Pemilihan hari Senin dan Jumat bukannya tanpa alasan. Kedua hari tersebut dinilai sangat sesuai dengan kondisi pulau yang memang ramai pada saat akhir pekan. Sehingga penanganan sampah yang ditimbulkan bisa lebih efektif.

“Jadi hari Senin itu bersih-bersih, hari Jumat mempersiapkan wisatawan berkunjung ke pulau. Hari Rabu kita canangkan, kita himbau teman-teman lurah dan perangkat lainnya untuk budayakan sebelum kita rutin lakukan bersih pulau seluruhnya,” tegasnya.

Penanganan sampah di pulau tidak bisa hanya melibatkan segelintir unsur terkait saja. Sehingga seluruh unsur yang ada diharapkan untuk ikut ambil bagian.

“Ini sebenarnya kita ajak stake holder yang ada di pulau tersebut, masyarakat, aparatur dan wisatawan bersama-sama. Pulau wilayah terbatas, kalau nggak benar-benar ditangani, kendala sampah ini dampaknya dirasakan masyarakat,” tuturnya.

Sebelumnya pada Rabu (11/7) kemarin pihaknya telah menggelar gerebek sampah di enam kelurahan yakni Panggang, Kelapa, Harapan, Tidung, Untung Jawa dan Pari.

Hasilnya sebanyak 66,22 meter kubik sampah berhasil diangkut. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved