Atlet Asian Games 2018 Melintasi Kawasan Jakarta Barat, Begini Persiapan Pemkot

Sudinhubtrans Kota Jakarta Barat agar bekerja sama pihak kepolisian bisa mengatur arus lalu lintas dengan baik.

Atlet Asian Games 2018 Melintasi Kawasan Jakarta Barat, Begini Persiapan Pemkot
Warta Kota/Anggie Lianda Putri
Rustam Effendi 

RUSTAM Effendi, selaku Wali Kota Jakarta Barat mengatakan pihaknya siap menghadapi perhelatan di Asian Games 2018.

Kejuaraan olahraga bergengsi itu, papar Rustam, pihaknya telah memberikan berbagai instruksi di jajarannya, agar menata Kawasan dengan rapih dan bersih dari sampah.

"Semua SKPD, UKPD harus aktif terus menjaga wilayahnya agar bersih dari sampah, tidak ada PKL-PKL di trotoar serta jalan umum atau juga protokol dirapihkan. Sebab, para atlet di Asian Games ini, bakalan melintas di Jakarta Barat," kata Rustam, Kamis (12/7/2018)

Rustam menyebut, tak ada satupun venue bagi para atlet Asian Games 2018 untuk digunakan.

Namun, transportasi atlet melintasi Jakarta Barat.

Maka itu, ia berharap, pihak Sudinhubtrans Kota Jakarta Barat bekerja sama pihak kepolisian itu bisa mengatur arus lalu lintas dengan baik.

"Khususnya di dalam hal jaga estetika kota ya. Seperti perbaiki jalan, jaga kebersihan wilayah dan lmenciptakaan kondisi aman dan atur lalin dengan baik agar jangan sampai macet," ucap Rustam.

Selama Asian Games itu berlangsung, katanya Rustam, Jakarta Barat harus tetap terang. Tak hanya itu, ia menegaskan agar jangan sampai ada lampu yang rusak.

"Semua lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) tidak boleh ada yang rusak. Pergantian lampu konvensional ke lampu LED, segera dilakukan. Hal itu dilakukan bertujuan untuk memberikan kenyamanan seluruh masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Ery Ghazali, Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi (PE) Jakart Barat pun menyebut jika pihaknya telah memasang 123 lampu ber-LED (Light Emitting Diode).

"Pergantian lampu konvensional ke lampu ber-LED tengah dilakukan. Jumlah yang terpasang mencapai 123 lampu. Lampu juga dipasang di lima titik jalan di Jakarta Barat. Diantaranya di Flyover Tomang di Jalan S Parman, Jalan Kyai Tapa, LTC Glodok, Underpass Tomang, hingga Jalan Latumenten. Semua lampu berdaya 120 watt," paparnya.

Lima titik itu, lanjut Ery, menjadi kawasan yang proitas serta lokasi tersebut akan sering dilalui oleh kendaraan para atlet Asian Games.

"Setelah itu pemasangan baru dilakukan pada lokasi lainya. Yakni lingkungan tempat tinggal dan jembatan penyebrangan orang (JPO)," ujar Ery.

Dia kembali menjelaskan, kalau pihaknya tidak hanya memasang lampu LED saja, namun juga melakukan pemasangan neon box. Sedikitnya, seratus neon box akan dipasang di sepanjang Jalan S Parman.

"Sorotan dan kedipan lampu neon box tersebut nantinya akan berikan keindahan bagi wilayah Jakarta Barat. Neon box itu, juga dipasangkan di lingkungan Kantor Wali Kota. Saat ini tengah menunggu proses pemasangan. Meski waktu sudah mepet, saya tetap optimis pemasangan bisa rampung, sebelum Asian Games dimulai," katanya.

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved