309 Pendatang Terjaring Operasi Biduk di Lubang Buaya

PEMKOT Jakarta Timur dipimpin Wali Kota M Anwar menggelar Operasi Bina Kependudukan di Kelurahan Lubang Buaya, Cipayung, Rabu (11/7/2018) malam.

309 Pendatang Terjaring Operasi Biduk di Lubang Buaya
Istimewa
PEMKOT Jakarta Timur dipimpin Wali Kota M Anwar menggelar Operasi Bina Kependudukan di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Rabu (11/7/2018) malam. Dari Operasi Biduk ini terdata 309 orang pendatang dari luar Jakarta. 

SEBANYAK Sebanyak 309 orang pendatang dari luar Jakarta terjaring operasi Bina Kependudukan (Biduk) di RW 12 Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (11/7) malam.

Kegiatan Operasi Biduk di RW 12 Kelurahan Lubang Buaya ini dipimpin oleh Wali Kota Jakarta Timur M Anwar. Kegiatan biduk tersebut dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Menurut M Anwar, Operasi Biduk adalah program untuk para pendatang baru agar diakui identitasnya berada di Jakarta.

"Biduk di Wilayah Lubang Buaya ini tentunya pembinaan kependudukan, bukan yustisi ya, kita disini melayani masyarakat secara administrasi kependudukan," kata Anwar, Rabu (11/7/2018).

Dikatakan Anwar, ada beberapa pendatang baru yang tidak memiliki KTP sehingga petugas memberikan kemudahan untuk menerbitkan SKDS.

"Tadi sudah terdata 200 orang yang tidak memiliki e-KTP DKI Jakarta, dan pendataan masih terus berjalan. Tentunya kegiatan ini dalam rangka tertib administrasi di DKI Jakarta, siapapun yang ingin tinggal di Jakarta tidak dilarang asal ada aturannya dan mengikuti peraturan yang ada," katanya.

PETUGAS sedang mendatang pendatang yang terjaring saat Operasi Bina Kependudukan (Biduk) di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, berlangsung, Rabu (11/7/2018) malam. Dari Operasi Biduk ini terdata 309 orang pendatang dari luar Jakarta.
PETUGAS sedang mendatang pendatang yang terjaring saat Operasi Bina Kependudukan (Biduk) di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, berlangsung, Rabu (11/7/2018) malam. Dari Operasi Biduk ini terdata 309 orang pendatang dari luar Jakarta. (Istimewa)

Kawasan Padat Penduduk

Operasi Biduk tidak hanya menyasar di apartemen ataupun rumah susun, melainkan kawasan padat penduduk. Karena biasanya banyak pendatang baru yang tinggal di kawasan seperti ini terutama mereka yang mengontrak ataupun kos.

"Kita lakukan kegiatan yang berbeda, seperti apartemen ataupun rumah susun. Hari ini kita lakukan yang berbeda yaitu di tempat pemukiman padat," tuturnya.

"Selain itu, yang menarik di sini, banyak kontrakan yang perlu kita perhatikan. Sebab, penghuni kontrakan tidak tahu yang tinggal di situ, apa pekerjaannya, dan kita tidak tahu identitasnya juga. Untuk itu kita menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di wilayah Jakarta Timur dengan kegiatan Operasi Biduk," imbuh Anwar.

Halaman
12
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved