PPDB 2018

Kadisdik Kota Bekasi: Sistem Zonasi Baik untuk Hilangkan Istilah Sekolah Favorit

Penerapan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru merupakan upaya mempercepat pemerataan di sektor pendidikan.

Kadisdik Kota Bekasi: Sistem Zonasi Baik untuk Hilangkan Istilah Sekolah Favorit
Istimewa
PPDB Online 

KEPALA Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzi menyebut kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, untuk penerapan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan upaya mempercepat pemerataan di sektor pendidikan.

Ali mengatakan dengan berjalannya sistem zonasi ini dengan baik, diyakin ke depan pemerataan kualitas pendidikan akan terwujud.

Kebijakan itu juga menjadi dorongan bagi Dinas Pendidikan Kota Bekasi untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di seluruh sekokah di Kota Bekasi.

"Ini tujuan besar sistem zonasi itu, langkahnya agar meningkatan kualitas dan mutu seluruh sekolah. Sekarang sudah tidak ada istilah sekolah favorit, semua sekolah harus favorit dan berkualitas," ujarnya kepada Wartakota, Rabu (11/7).

Untuk itu, lanjut Ali agar mencapai tujuan tersebut Dinas Pendidikan Kota Bekasi melakukan berbagai langkah seperti proses rekrutmen murid-murid, penyegaran tenanga didik, peningkatan kualitas tenaga didik dan peningkatan prasarana sekolah.

"Rekrutmen murid-murid ini, melalui sistem zonasi diyakin bakal lebih tersebar dengan baik, tidak ada kasta atau kecondongan, semua sekolah itu sama sistem rekrutmennya sama," kata Ali.

Selain itu lanjut, Ali tenaga pendidik akan dilakukan penyegaran baik itu dengan tenaga didik baru maupun perputaran lokasi tempat guru itu mengajar.

"Ya agar tidak jenuh atau lebih segara jadi kita putar yang sudah lama-lama mengajar di satu sekolah itu," sambungnya.

Terakhir, kata Ali. tentunya pelatihan-pelatihan terus diberikan kepada guru-guru, termasuk juga fasilitas sekolah akan terus ditingkatkan, sehingga diharapkan semua sekolah memiliki mutu yang sama.

"Jadi masyarakat tidak perlu condong pada beberapa sekolah yang mereka anggap favorit mereka bisa sekolah dimana saja karena mutu sekolah akan sama semua, juga mereka bisa sekolah yang dekat dari rumahnya, tidak perlu jauh-jauh dari rumah," paparnya. (m18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help