Ekonomi

Investasi di Kabupaten Bekasi Turun Triliunan Rupiah karena Fluktuasi Nilai Tukar Rupiah

"Sebetulnya penurunannya tidak terlalu besar, dibanding nilai investasi tahun 2015 nilai yang hanya menembus sekitar Rp 35,126 triliun."

Investasi di Kabupaten Bekasi Turun Triliunan Rupiah karena Fluktuasi Nilai Tukar Rupiah
Twitterkemendag
Ilustrasi Sebaran lokasi investasi di Indonesia Januari-Maret 2018. 

WARTA KOTA, BEKASI--- Iklim investasi di Kabupaten Bekasi pada tahun 2017 menurun hampir Rp 4 triliun.

Pada tahun 2016, nilai investasi di kabupaten mencapai Rp 56,605 triliun. Sedangkan investasi pada tahun 2017 menurun menadi Rp 52,843 triliun.

Kepala Seksi Pengembangan Promosi dan Perizinan Penanaman Modal pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi, Muhammad Said mengatakan, nilai investasi turun karena beberapa faktor.

Namun penyebab paling besar adalah sifat fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing yakni dollar.

"Sebetulnya penurunannya tidak terlalu besar, dibanding nilai investasi tahun 2015 nilai yang hanya menembus sekitar Rp 35,126 triliun," kata Zaki di Plaza Pemerintah Kabupaten Bekasi,  Rabu (11/7/2018).

Menurut dia, para investor cenderung melakukan penghitungan ulang secara sistematis bila ingin menanamkan modalnya di kabupaten karena fluktuasi nilai tukar rupiah.

Baca: Investasi di Sektor Pariwisata Makin Diminati

Selain itu, penurunan juga disebabkan karena perubahan regulasi yang belum dilakukan secara menyeluruh.sehingga peraturan tumpang tindik di tingkat kementerian.

Padahal, kata dia, Presiden Joko Widodo telah menyatakan komitmennya untuk mempercepat dan memangkas hingga mempermudah investor yang ingin berinvestasi.  Namun, komitmen itu  tidak diiringi dengan percepatan regulasi yang mengaturnya. 

"Tapi di sisi lain ada UU dan PP yang belum mengikuti percepatan itu, sehingga bisa menjadi penghambat," ujarnya.

Kepala Bidang Penanaman Modal pada DPMPTSP Kabupaten Bekasi, Zaki Zakaria mengklaim, nilai investasi yang diperoleh Kabupaten Bekasi sebetulnya lebih tinggi dibandingkan daerah lain.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help