Urus Perizinan Usaha Lewat OSS, Begini Alurnya

Tahapan awal, permohonan usaha dibedakan lewat dua golongan, yakni badan dan perseorangan...

Urus Perizinan Usaha Lewat OSS, Begini Alurnya
PrtSc Warta Kota
ILUSTRASI @PerekonomianRI 

ONLINE Single Submission (OSS) atau disebut Layanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (PBTSE) dapat diakses lewat Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia.

Selain itu, OSS dapat di akses secara online di mana pun dan kapan pun.

Alur perizinan dijelaskan dalam twitter resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, @PerekonomianRI, https://t.co/ZA9nPeFG2h.

"Rancang bangun Sistem OSS ini melakukan interkoneksi dan integrasi sistem pelayanan perizinan di @bkpm (SPIPISE), SiCantik @kemkominfo, sistem K/L penerbit perizinan termasuk INSW,AHU @Kemenkumham_RI, Sistem di @Kemendagri_RI," tulis admin @PerekonomianRI pada Senin (9/7/2018).

Tahapan awal, permohonan usaha dibedakan lewat dua golongan, yakni badan dan perseorangan. Apabila usaha termasuk kategori badan, sebelumnya harus didaftarkan lewat notaris dan AHU Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik sebelum Login aplikasi OSS.

Sedangkan, apabila usaha termasuk kategori pribadi bisa langsung mendaftarkan diri lewat halaman oss.ekon.go.id. Dalam tahapan ini, pemohon diminta mengisi sejumlah data diri, antara lain Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor ponsel dan email.

Usai mendaftarkan diri, pemohon dapat langsung login untuk mengisi sejumlah data tambahan. Selanjutnya, pemohon akan mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) BPJS Perusahaan, Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) dan izin lokasi; apabila pemohon telah memiliki Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kolom akan terisi otomatis.

Selanjutnya, data terinput akan diverifikasi, pemohon kemudian diminta untuk menyetujui untuk pemenuhan izin lokasi, standar lingkungan dan bangunan, Sertifikat Laik Fungsi (SLF) serta mengisi data usaha dan permohonan fasilitas.

Setelah data terisi, pemohon akan mendapatkan Izin Usaha Sektoral, Izin Lokasi, Izin Lingkungan, Izin Bangunan dan Penetapan Fasilitas. Kemudian pemohon diminta untuk pemenuhan sertifikat BPJS, Standar atau Sertifikasi dan menyelesaikan izin lainnya.

Apabila seluruh tahapan telah diselesaikan, pemohon akan mendapatkan Izin Komersial atau Sertifikasi Tertentu. Perizinan lewat OSS pun telah selesai, diakhiri dengan tanda tangan elektronik yang dilengkapi dengan barcode. 

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved