Home »

Depok

Pemkot Depok Kurang Sigap Tangani TPA Cipayung

Pemkot Depok dinilai agak lambat dan kurang sigap dalam menangani masalah TPA Cipayung yang kini sudah melebihi daya tampung.

Pemkot Depok Kurang Sigap Tangani TPA Cipayung
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Pemulung di TPA Cipayung Depok yang tak sabar ketemu Agum Gumelar. 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Depok dinilai agak lambat dan kurang sigap dalam menangani masalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung yang kini sudah melebihi daya tampung atau overload.

Apalagi karena lambatnya penanganan sampah dari TPA membuat Kali Pesanggrahan menyempit dan menyebabkan banjir di sekitar perumahan warga di Pasir Putih.

Hal itu dikatakan pemerhati dan pengamat Kota Depok, Novi Anggriani Munadi, Selasa (10/7/2018).

"Tampaknya belum ada solusi jitu dari Pemkot Depok, yang dapat menyelesaikan sengkarut TPA Cipayung secara tuntas. Kini Pemkot hanya menunggu TPA Nambo beroperasi agar sampah dialihkan ke sana," kata Novi yang juga politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Depok ini.

Ia menilai permasalahan TPA Cipayung ini bukanlah hal yang baru. Tetapi sudah terjadi dari beberapa tahun belakangan.

“Jadi, Pemkot Depok bisa dikatakan kurang sigap menangani overloadnya TPA Cipayung hingga menyebabkan masalah lain muncul,” kata Novi yang juga Sekretaris Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) DPC PDIP Depok.

Menurutnya mulai dari Depok belum mendapatkan Piala Adipura, hingga mendapatkannya dan dibuat monumennya, masalah TPA Cipayung belum selesai juga.

"Ini menghadirkan pertanyaan, apakah program-program kebersihan berjalan maksimal di Depok? Misalnya pemilahan sampah, penambahan UPS atau perluasan kolam penampungan sampah dan lain-lain. Apakah semuanya berjalan baik?” kata Novi.

Meski begitu, Novi yang juga Bacaleg Daerah Pemilihan Pancoran Mas, mengapresiasi langkah Pemkot Depok yang tengah berusaha melakukan pengerukan kali agar tak terjadi banjir.

Juga negosiasi dengan beberapa warga yang rencananya tanah atau rumahnya akan dijadikan perluasan TPA Cipayung.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help