Home »

News

» Jakarta

Masjid di 6 Kelurahan Jakarta Timur Tak Boleh Sembelih Hewan Kurban Saat Asian Games

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melarang sejumlah masjid melakukan pemotongan hewan radius 1 kilometer dari Venus Asian Games.

Masjid di 6 Kelurahan Jakarta Timur Tak Boleh Sembelih Hewan Kurban Saat Asian Games
Warta Kota/Andika Panduwinata
Ilustrasi 

PADA hari raya Idul Adha, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melarang sejumlah masjid melakukan pemotongan hewan radius 1 kilometer dari Venus Asian Games.

Di wilayah Jakarta Timur sendiri terdapat 31 Masjid yang berdampak dan 3 diantaranya berada di kawasan Jakarta Utara.

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Suku Dinas KPKP Jakarta Timur Irma Budiany, mengatakan bahwa pelarangan pemotongan dan penampungan hewan kurban di sekitar arena Jakarta Equistrian Park sesuai intruksi yanh dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Saat sosialisasi pertama kami dari Dinas KPKP tidak melarang, hanya mengimbau, tapi dengan keluarnya Ingub No 123 tahun 2017 maka keluarlah larangan tersebut," kata Irma saat dikonfirmasi, Selasa (10/7/2018).

Dikatakan Irma, larangan tersebut hanya berlaku radius 1 kilometer dari venue Asian Games. Karena hal itu sudah menjadi aturan dan ketentuan ketentuan EDFZ (Equine Disease Free Zone) dalam pelaksanaan Asian Games.

"EDFZ sendiri merupakan syarat mutlak menggelar Asian Games bagi penyelenggara perlombaan berkuda yang dikeluarkan oleh organisasi kesehatan hewan dunia (OIE)," ucapnya.

Nantinya lokasi pemotongan akan di pindahkan ke PD Darma Jaya di kawasan Pulogadung Jakarta Timur untuk melakukan pemotongan hewan kurban bagi masjdi yang terdampak pelarangan tersebut.

Masjid-masjid tersebut tersebar di enam kelurahan di sekitar Jakarta Timur dan Jakarta Utara, yakni Kelurahan Kayu Putih, Kelurahan Rawamangun, Kelurahan Pulo Gadung, Kelurahan Jati, Keurahan Kelapa Gading Barat, dan Kelurahan Kelapa Gading Timur.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help