Diresmikan Para Menteri, Web OSS Malah Belum Aktif

Terkait hal tersebut, belum ada informasi lebih lanjut dari Kementerian Koordinator Perekonomian Indonesia. Netizen pun pesimis..

Diresmikan Para Menteri, Web OSS Malah Belum Aktif
PrtSc Warta Kota
ILUSTRASI Twitter @PerekonomianRI 

RESMI diluncurkan para menteri Kabinet Kerja di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Jalan Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat pada Senin (9/7/2018), layanan Online Single Submission (OSS) belum aktif.

Belum dapat dimanfaatkannya Layanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (PBTSE) itu disampaikan oleh Haryudirahman lewat akun twitter @haryudirahman. Menurutnya, website OSS, yakni oss.ekon.go.id kini belum dapat diakses.

"Blm bisa diakses Webnya Min," tulisnya dalam postingan twitter resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia @PerekonomianRI pada Senin (9/7/2018) siang.

Baca: Urus Perizinan Usaha Lewat OSS, Begini Alurnya

Warta Kota turut mencoba menjajal OSS pada Selasa (10/7/2018). Namun usai menyelesaikan tahapan pendaftaran, tidak ada konfirmasi lewat email atas data terinput. Login pun gagal dilakukan.

Terkait hal tersebut, belum ada informasi lebih lanjut dari Kementerian Koordinator Perekonomian Indonesia. Netizen pun pesimis, salah satunya Taryono yang menyebutkan sangat sulit menyederhanakan perizinan sehingga membuka usaha sangat sulit.

"Secara texbook (teori) memang mudah namun di lapangan, mohon maaf masih kita temukan banyak kendala sehingga membuka usaha jadi super sulit," tulis Taryono lewat akun @taryono354.

"Semoga pelayanan yang super komplit, ini lebih mudah dan yang pasti user friendly..," balas Ivan lewat akun @ivanaffandi.

Sedangkan Gibson Pakpahan lewat akun twitternya @PakpahanGibson justru menyinggung mudahnya perizinan yang diberikan kepada minimarket. Sehingga usaha kecil seperti warung kelontong hilang karena tidak dapat bersaing.

"Sekarang indomaret dan alfamaret sudah ada disatu kelurahan 20 gerai coba hitung berapa banyak usaha kcl yg dimatiin," tulisnya.

Baca: Sederhanakan Perizinan, Pemerintah Luncurkan OSS

Seperti diketahui sebelumnya, dibangun sejak Oktober 2017, Online Single Submission (OSS) akhirnya resmi diluncurkan para menteri Kabinet Kerja di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Jalan Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat pada Senin (9/7/2018).

Hadir dalam peresmian sistem OSS ini antara lain Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo; Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso; Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo; Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara; Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly; Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Selain itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil; Menteri Pariwisata Arief Yahya; Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur; Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong; Kepala Staf Presiden Moeldoko; serta perwakilan menteri dan kepala lembaga lainnya.

Link Twitter @PerekonomianRI, https://t.co/wvxhxVxxbW

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help