Ayo, Siap-siap Sambut Dieng Culture Festival 2018

Dieng Cultural Festival 2018 tak lama lagi digelar. Ada baiknya mempersiapkan diri untuk menghadiri acara menarik tersebut.

Ayo, Siap-siap Sambut Dieng Culture Festival 2018
ARSIP BIRO HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK KEMENPAR
Ribuan wisatawan dari dalam dan luar negeri memadati acara Dieng Culture Festival 2016. 

DIENG merupakan sebuah kota yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah yang dipercaya sebagai tempat bersinggahnya para Dewa.

Kepercayaan tersebut terlihat dari nama kota ini, Dieng, yang terdiri dari Di- yaitu termin yang menunjukkan sebuah tempat atau preposisi, lalu ada kata -Hyang yang berarti Dewa, jadi bila disatukan akan menjadi sebuah tanah di mana temapt para Dewa bermukim.

Kota ini memiliki letak geografis yang sangat unik yaitu dikelilingi oleh beragam gunung. Hal itu menyebabkan suhu udara yang menurun drastis ketika memasuki musim kemarau.

Ketika musim kemarau tiba, Dieng memiliki festival tahunan yang kerap dikunjungi oleh banyak wisatawan, dan festival ini biasanya terjadi di awal bulan Agustus.

Dieng Culture Festival merupakan acara pesta Budaya terbesar yang diadakan setiap tahunnya di Kawasan Dieng akan di gelar untuk kesembilan kalinya.

Dieng Culture Festival ke sembilan hampir sama dengan sebelumnya, dengan prosesi Ruwatan rambut gimbal sebagai acara inti, dimeriahkan dengan program lain seperti pentas seni budaya, pergelaran wayang kulit, festival film, pertunjukan jazz atas awan dan sebagainya.

Festival ini merupakan festival budaya dengan konsep sinergi antara unsur budaya masyarakat, potensi wisata dieng serta pemberdayaan masyarakat lokal sebagai misi dasar pembentukan acara tersebut Dieng Culture Festival pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010.

Jika Anda berkeinginan untuk menyambangi Dieng dan mengikuti festival ini, Anda hanya perlu cari tiket bus ke arah Wonosobo lalu baca artikel ini sebagai informasi mengenai acara yang terdapat di dalam festival tahunan ini.

Acara Ruatan/Pemotongan Rambut Bocah Gimbal

Pemotongan rambut gimbal ini merupakan prosesi penyucian yang sudah sangat melekat dengan kebudayaan dan adat di Jawa.

Halaman
123
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved