Home »

Depok

PPDB 2018

Tak Diterima di SMP Negeri di Depok, Orangtua Calon Siswa Miskin Ancam Unjuk Rasa

"Warga miskin di Depok ini, nggak ada pilihan, rencananya kami akan aksi. Kapan aksinya sedang kami konsolidasikan. Nanti akan saya kabari."

Tak Diterima di SMP Negeri di Depok, Orangtua Calon Siswa Miskin Ancam Unjuk Rasa
Istimewa
Ilustrasi PPDB Online 

WARTA KOTA, DEPOK--- Warga miskin yang anaknya tidak diterima di SMP Negeri di Kota Depok berencana menggelar aksi unjuk rasa ke Pemerintah Kota (Pemkot) Depok atau Dinas Pendidikan Kota Depok.

Mereka menuntut, anak mereka dapat bersekolah di SMP Negeri di Depok. Alasannya, hak mereka sebagai warga miskin mesti diutamakan.

Rencana aksi unjuk rasa itu diungkapkan oleh Ketua Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kota Depok, Roy Pangharapan, kepada Warta Kota, Senin (9/7/2018).

DKR Depok, kata Roy, menerima aduan dari 50 calon siswa miskin yang ditolak di SMP Negeri di Depok saat pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP 2018 lewat jalur siswa tidak mampu di Kota Depok.

"Warga miskin di Depok ini, nggak ada pilihan, rencananya kami akan aksi. Kapan aksinya sedang kami konsolidasikan. Nanti akan saya kabari," katanya.

Menurut Roy, meski jumlah orangtua calon siswa tak mampu yang mengadu sedikit, namun jumlah tersebut ibarat fenomena gunung es.

"Memang jumlah yang lapor ke DKR nggak banyak, hanya 50. Tapi sebenarnya yang terjadi di bawah lebih banyak, mencapai ribuan," kata Roy.

Baca: PPDB Online Banyak Diadukan Warga, Ombudsman Bakal Panggil Pembuat Aplikasi PPDB Jawa Barat

Contohnya, di  SMP 5 Depok, calon siswa miskin yang mendaftar 140 orang. Sementara, peserta didik yang diterima hanya 65 orang. Artinya, ada 75 orang yang tidak diterima di sekolah tersebut.

"Andaikan dari setiap SMPN di Depok ada 50 siswa miskin saja yang tidak diterima, maka dari 26 SMP Negeri di Depok di kali 50, maka jumlahnya mencapai seribu lebih. Jumlah itu yang sebenarnya terjadi di Depok," kata Roy.

Dia menambahkan, dalam PPDB SMP 2018 di Kota Depok, sedikitnya 1.000 siswa miskin yang ditolak bersekolah di SMP Negeri di Depok.

Halaman
1234
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help