Piala Dunia 2018

Iva Olivari Pelindung Timnas Kroasia

Ketika legenda sepak bola Kroasia, Davor Suker, menjabat sebagai Presiden HNS mulai 2012, Olivari ditunjuk sebagai manajer tim nasional.

Iva Olivari Pelindung Timnas Kroasia
detiksport
Iva Olivari 

MANAJER Timnas Kroasia, Iva Olivari, menjadi wanita pertama yang duduk di bangku pemain cadangan di Piala Dunia 2018.

Dia dianggap sebagai malaikat pelindung skuad Kroasia.

Olivari, yang kini berusia 49 tahun, bukan orang awam di sepak bola.

Dia sudah berada di Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS) sejak 1992.

Ketika legenda sepak bola Kroasia, Davor Suker, menjabat sebagai Presiden HNS mulai 2012, Olivari ditunjuk sebagai manajer tim nasional.

Piala Dunia Rusia 2018 merupakan Piala Dunia kedua Olivari sebagai manajer tim. Sebelumnya dia mendampingi skuad Kroasia di Piala Dunia Brasil 2014.

Kala itu Olivari tidak sekali pun duduk di kursi pemain cadangan. Dia menyaksikan anak-anak asuhnya dari tribune dan hasilnya Kroasia tidak bisa ke babak 16 besar.

Baca: Bursa Prediksi Jagokan Belgia tapi Pelaku Bursa Pilih Inggris

Performa Kroasia meningkat sejak Olivari duduk di kursi pemain cadangan alias bench. Hal itu mulai dilakukannya di Euro 2016 dan hasilnya Kroasia menang 1-0 dari Turki di laga pertama Grup D.

"Saya berbohong jika mengatakan saya tidak gembira. Semua orang memberi dukungan yang luar biasa, staf, tim, dan pemain cadangan. Saya pikir mereka menyukainya dan bahkan kami meraih hasil yang luar biasa," kata Olivari mengenai pengalaman pertamanya duduk di bench.

Pencapaian Kroasia di Piala Dunia mulai membaik dengan kehadiran Olivari di bench.

Kroasia melangkah ke perempat final Piala Dunia Rusia 2018 dan itu adalah pencapaian tertinggi mereka setelah merebut posisi ketiga di Piala Dunia Prancis 1998.

"Iva benar-benar orang yang hebat. Dia selalu bersama kami. Dia seperti malaikat pelindung kami! Saya sudah mengenalnya selama 10 tahun. Tidak mudah mengurus kami semua. Dia suka bercanda dan kami semua mencintainya karena itu," kata kiper Kroasia, Danijel Subasic, seperti dilansir laman resmi FIFA.

Berita Ini Juga Dimuat di KORAN SUPER BALL, Sabtu (7/7/2018)

Editor: Dewi Pratiwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved