Facebook Indonesia Memperkenalkan Panduan Bagi Partai Politik dan Politikus

Memperkenalkan panduan ini sebelum pemilu sebagai bagian dari komitmen untuk melindungi dan menjaga integritas proses pemilu.

Facebook Indonesia Memperkenalkan Panduan Bagi Partai Politik dan Politikus
Surya Malang
Ilustrasi Facebook 

WARTA KOTA, PALMERAH---Facebook Indonesia memperkenalkan panduan bagi partai politik dan politikus untuk menggunakan aplikasi media sosial Facebook dan Instagram menjelang pemilihan umum.

"Kami peduli terhadap proses demokrasi dan karena itu penting bagi kami untuk melindungi integritasnya. Kami tidak ingin ada orang yang menggunakan alat kami untuk mengacaukan demokrasi," kata Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, seperti dilansir Antaranews.com, Jumat (6/7/2018).

Baca: Facebook Resmi Berbagi Data ke Perusahaan Tiongkok

Ruben mengatakan, Facebook Indonesia memperkenalkan panduan ini sebelum pemilihan umum berlangsung di Indonesia sebagai bagian dari komitmen untuk melindungi dan menjaga integritas proses pemilu.

"Kami ingin memastikan bahwa kredibilitas akun para politisi dan partai politik terjaga dengan baik. Sehingga, masyarakat Indonesia bisa mendapatkan informasi yang terpercaya serta perspektif yang beragam," kata Ruben.

Baca: Sam Aliano Penuhi Janji Laporkan YouTube, Facebook, dan Telegram ke Bareskrim

Panduan Facebook dan Instagram bagi politikus dan partai politik ini berisi cara terbaik untuk berinteraksi dengan para pendukung, serta untuk memastikan agar kredibilitas akan dan laman mereka terjaga, dapat diakses di laman facebookindonesiaelectionintegrityinitiative.com.

Selain mengeluarkan panduan untuk partai politik, Facebook Indonesia juga mengambil beberapa langkah untuk mengantisipasi pemilu di Indonesia.

Facebook bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam menjalankan kampanye di Facebook, iklan cetak di surat kabar lokal, maupun iklan radio, yang mengajarkan masyarakat tips tentang bagaimana mendeteksi berita palsu.

Baca: Modus Berkenalan di Facebook, Maling Ini Babak Belur Dihakimi Warga

Mereka juga mengadakan pelatihan bagi staf Badan Pengawas Pemilu dari seluruh Indonesia untuk mendeteksi berita palsu serta melaporkannya di Facebook dan Instagram, memberitahukan admin halaman politik mengenai keamanan daring.

Facebook mengirimkan email pemberitahuan mengenai keamanan daring kepada admin halaman politisi dan partai politik

Facebook juga meluncurkan produk transparansi iklan yang memungkinkan orang untuk melihat semua iklan yang sedang dijalankan oleh sebuah halaman di Facebook, Instagram, dan messenger.

Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help