Jaksa Tolak Pembelaan Tio Pakusadewo yang Meminta Direhabilitasi

Jaksa meminta Majelis Hakim untuk tetap memberikan hukuman kepada Tio, dengan hukuman enam tahun penjara

Jaksa Tolak Pembelaan Tio Pakusadewo yang Meminta Direhabilitasi
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Tio Pakusadewo di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (5/7/2018). 

NOTA pembelaan atau pledoi aktor gaek Tio Pakusadewo (54) yang meminta untuk dirinya direhabilitasi, ditolak oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Penolakan pledoi Tio itu dibacakan oleh JPU, dalam persidangan dengan agenda replik, yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (5/7/2018).

Dalam pembacaan repliknya, Yaman selaki JPU menilai bahwa permintaan penggunaan Pasal 127 Ayat 1 huruf a Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika (penyalahgunaan) yang diajukan oleh tim panasehat tidak bisa dipenuhi.

Tio Pakusadewo di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (5/7/2018).
Tio Pakusadewo di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (5/7/2018). (Warta Kota/Arie Puji Waluyo)

Yaman meminta agar majelis hakim memutus terdakwa Tio dengan Pasal 112 ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika (menyimpan dan memiliki).

"Menyatakan tetap pada surat tuntutan agar majelis hakim memutus dan menyatakan terdakwa terbukti secara sah memiliki, menyimpan, sesuai dakwaan primer, yakni Pasal 127 Ayat 1 huruf a Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika," kata Yaman dalam persidangan.

Alasan Jaksa tetap pada tuntutan dikarenakan mereka menganggap Tio merupakan pengguna dan pecandu akut narkoba.

Selain itu, proses rehabilitasi Tio selama di RS Bhayangkara, Lebak Bulus, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu dalam penyelidikan jaksa merupakan tidak berhasil.

"Terdakwa sudah lama menggunakan narkoba. Hasil rehab juga tidak berhasil," ucapnya.

Lanjut Yaman, pihaknya meminta Majelis Hakim untuk tetap memberikan hukuman kepada Tio, dengan hukuman enam tahun penjara dengan dikurangi masa tahanan dan denda sebesar Rp 1 miliar.

Mendengar replik Jaksa, kuasa hukum Tio, Aris Marasabessy meminta waktu kepada Majelis Hakim untuk menanggapi pernyataan pihak Jaksa kepada kliennya.

Halaman
12
Penulis: Arie Puji Waluyo
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved