Jalan Tol Pertama di Kalimantan Beroperasi Tahun Depan

Pembebasan lahan, menurut Saragi, merupakan prioritas utama agar pembangunan proyek tol yang dirancang sepanjang 99,35 kilometer ini lancar

Jalan Tol Pertama di Kalimantan Beroperasi Tahun Depan
istimewa
Kondisi terkini proyek Tol Balikpapan-Samarinda, Rabu (4/7/2018).(Dokumentasi Jasamarga Balikpapan Samarinda) 

Proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda terus mengalami akselerasi pembangunan. Hal ini ditandai dengan kemajuan konstruksi fisik yang telah mencapai 61,90 persen hingga akhir Juni 2018.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) melakukan berbagai upaya percepatan guna memenuhi target operasional pada awal 2019 mendatang.

Direktur Utama JBS STH Saragi mengungkapkan, selain kemajuan pembangunan fisik, proyek jalan bebas hambatan perdana di Kalimantan ini juga mengalami kemajuan pembebasan lahan.

"Pengadaan lahannya sudah tembus level 95,47 persen," kata Saragi dalam keterangan tertulis, Rabu (4/7/2018). Pembebasan lahan, menurut Saragi, merupakan prioritas utama agar pembangunan proyek tol yang dirancang sepanjang 99,35 kilometer ini lancar tanpa kendala.

Pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda terdiri atas lima seksi, yaitu Seksi 1 mulai dari KM 13 hingga Samboja sepanjang 21,95 kilometer, Seksi 2 dari Samboja hingga Muara Jawa sepanjang 30,05 kilometer dan Seksi 3 dari Muara Jawa hingga Palaran sepanjang 18,20 kilometer.

Selanjutnya Seksi 4 dari Palaran hingga Samarinda sepanjang 17,15 kilometer, dan Seksi 5 dari KM13 Balikpapan hingga Bandara Sepinggan sepanjang 11,09 kilometer. Untuk pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan 5 sepanjang 33,11 kilometer melalui Viability Gap Fund.

Sedangkan ruas investasi yang dikelola oleh PT Jasamarga Balikpapan Samarinda terdiri dari Seksi 2, 3, dan 4 dengan total sepanjang 66,23 kilometer.

Jalan tol ini menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kota Samarinda, yang dirancang bakal menjadi cikal bakal jalan tol Trans Kalimantan. Saragi menuturkan, kehadiran Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dapat memangkas total perjalanan hingga 34 kilometer dan berbanding lurus dengan efisiensi waktu perjalanan antara Balikpapan dan Samarinda.

Saat ini, perjalanan yang ditempuh dari Kota Balikpapan menuju Samarinda menghabiskan waktu hingga 3 jam, dengan kehadiran tol ini menjadi lebih singkat hanya 1 jam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tol Pertama di Kalimantan Beroperasi Tahun Depan", 
Penulis : Hilda B Alexander
Editor : Hilda B Alexander

Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help