BPOM Sebut SKM Sirup, Netizen : Kenapa Baru Sekarang?

Rilis Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait kandungan Susu Kental Manis (SKM) yang didominasi gula dipertanyakan masyarakat.

BPOM Sebut SKM Sirup, Netizen : Kenapa Baru Sekarang?
Warta Kota/Henry Lopulalan
Sejumlah aktivis dari Dewan Kesehatan Rakyat bersama para pesilat menunjukan atraksi beladiri betawi saat sosialisasi dan kampanye stop informasi salah tentang susu berkadar gula tinggi tengah hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) Jalan Sudirman, Senayan, Jakarta, Minggu (8/10). Aksi tersebut dilakukan guna menghimbau warga agar pentingnya melindungi anak-anak dari bahaya Susu Kental Manis yang tinggi gula dan miskin zat gizi. 

RILIS Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait kandungan Susu Kental Manis (SKM) yang didominasi gula dipertanyakan masyarakat.

Bukan besarnya kandungan gula, tetapi berlarut kebohongan yang lama tidak terungkap.

Pertanyaan itu disampaikan oleh Roy Thaniago.

Lewat akun twitternya @roythaniago, dirinya mempertanyakan kredibilitas BPOM yang dianggapnya membiarkan persepsi SKM setara susu selama puluhan tahun.

"Soal ini, mengapa tidak ada yang kemudian menggugat BPOM yg selama puluhan tahun membiarkan persepsi sesat ini? Tindakan BPOM itu gak perlu diapresiasi, justru digugat: ngapain saja selama puluhan tahun?," tulisnya pada Rabu (4/7/2018). (https://t.co/jpen21gusc)

Kicauannya ditanggapi Arya @salmonju yang turut mempertanyakan alasan BPOM tidak menerbitkan aturan tentang SKM.

Karenanya, dirinya menduga BPOM berada dalam tekanan,

"Betul juga. Kalau saya pertanyaannya: apa yang membedakan BPOM waktu itu tidak menerbitkan aturan ini, dengan BPOM sekarang yang menerbitkan aturan. Dulu takut? Khawatir? Ada ancaman? Atau memang baru tahu sekarang (dan ini aneh sekali)?," tulis Arya.

"Dari banyak kasus, memang aturan dibuat utk memfasilitasi pemodal ketimbang melindungi kepentingan publik. Tapi dalam kasus "SKM", saya gak tau. Biar tahu, kita bs lakukan class action terhadap BPOM, Kemenkes, dll. Malah kita hrs curiga sama kampanye "4 sehat 5 sempurna"-nya Orba," balas Roy Thaniago menambahkan.

Sirup susu

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved