Home »

Depok

KPAI Datangi Pemkot Depok Tuk Pastikan Rehabilitasi Siswa Korban Pencabulan Guru SD

KPAI akan melakukan koordinasi dengan Pemkot Depok, untuk memastikan rehabilitasi terhadap belasan siswa SD korban pencabulan

KPAI Datangi Pemkot Depok Tuk Pastikan Rehabilitasi Siswa Korban Pencabulan Guru SD
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Komisioner KPAI bidang pendidikan, Retno Listyarti saat mendatangi Mapolresta Depok, Senin (11/6/2018). 

KOMISI Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) akan melakukan koordinasi dengan Pemkot Depok, untuk memastikan rehabilitasi terhadap belasan siswa SD yang telah menjadi korban pencabulan WAR (23) guru honorer di salah satu SDN di Depok.

Kordinasi dilakukan KPAI dengan mendatangi Pemkot Depok, yang direncanakan, Selasa (3/7/2018) siang ini.

Hal itu dikatakan Retno Listyarti, Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, melalui pesan tertulis kepada wartawan, Selasa (3/7/2018).

"Kami akan lakukan kordinasi dengan mendatangi Kantor Pemkot Depok, siang ini," kata Retno.

Seperti diketahui WAR, guru honorer di salah satu SD di Depok yang telah mencabuli belasan siswa laki-laki muridnya, telah dibekuk dan mendekam di tahanan Polresta Depok karena perbuatannya.

Retno mengatakan setelah sebelumnya pihaknya berkordinasi dengan Polresta Depok terkait dugaan kekerasan seksual yang dilakukan oknum guru di salah satu SDN di Depok, maka selanjutnya KPAI akan berkoordinasi dengan Walikota Depok.

"Serta jajaran OPD terkait, seperti Dinas Pendidikan, Dinas PPPA, Dinas Sosial, P2TP2A, pihak sekolah dan perwakilan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia," katanya.

Substansi koordinasi kata Retno, terkait program rehabilitasi psikologis terhadap korban maupun anak saksi. "Selain itu, jika ibu korban mengalami trauma juga maka para ibu akan direhabilitasi psikologisnya, mengingatkan keberhasilan proses pemulihan trauma anak, sangat bergantung pada ketangguhan sang ibu dalam mendampingi proses rehabilitasi anaknya," kata Retno.

Selain itu, katanya KPAI akan mendorong perwujudan program Sekolah Ramah Anak (SRA) sebagai upaya pencegahan kekerasan di sekolah.

"Untuk itu, sebagai langkah tindak lanjut KPAI akan meminta Walikota Depok untuk mengumpulkan semua kepala sekolah di Depok sebagai upaya bersama mencegah kekerasan seksual terjadi lagi di sekolah," katanya.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help