Pembunuhan

Otopsi Jenazah Rina Casrina Masih Simpang Siur, Jasad Sudah Dimakamkan

Sementara jenasahnya itu sudah dibawa pihak keluarga untuk disemayamkan di Desa Sukamukti, Kuningan, Jawa Barat.

Otopsi Jenazah Rina Casrina Masih Simpang Siur, Jasad Sudah Dimakamkan
WARTA KOTA/PANJI BASKHARA RAMADHAN
RINA Casrina semasa hidup. 

PALMERAH, WARTA KOTA---Rina Casrina (21) ditemukan tewas di satu gudang di RT 002/001, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (1/7/2018), siang. Jasadnya sudah membusuk.

Namun, terkait otopsi jasad korban dugaan pembunuhan tersebut masih simpang siur.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Edy Suranta Sitepu, mengatakan, jasad Rina sudah diotopsi di Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati.

"Untuk jenazah korban (Rina) kami menunggu hasilnya saja. Sementara jenasahnya itu sudah dibawa pihak keluarga untuk disemayamkan di Desa Sukamukti, Kuningan, Jawa Barat," ujar Edy Suranta Sitepu kepada awak media, Senin (2/7/2018).

Baca: Muka Wanita Cantik yang Diduga Dibunuh Kekasihnya Ditutupi Karpet

Akan tetapi, Kepala Forensik RS Polri RS Kramat Jati, Kombes Pol Edi Purnomo membantah bahwa hingga saat ini pihaknya tidak  mengotopsi jenazah Rina Casrina.

"Meninggalnya kemungkinan lantaran dicekik. Tapi belum diotopsi sampai saat ini," ucapnya Edi Purnomo kepada awak media.

 

Menanggapi kesimpangsiuran informasi itu, pakar pidana Universitas Padjajaran, Bandung, Prof Romli Atmasasmita mengatakan, setiap perkara pembunuhan dan juga mengakibatkan kematian korban, mutlak diotopsi.

Otopsi harus dilakukan oleh ahli kedokteran (patologi) forensik. Selain itu, Otopsi dilakukan untuk menentukan penyebab kematian korban.

"Itu (Otopsi) kan sudah diatur dalam Instruksi Kapolri : Ins/E/20/IX/75 yang mengatur ialah kewajiban dan prosedur otopsi oleh penyidik dengan bantuan ahli patologi forensik," ujar Romli.

Hal sama diungkapkan Kriminolog Universitas Indonesia, Josias Simon. Dia mengatakan, jika tak dilakukan otopsi, maka ada kecerobohan bagi polisi.

Halaman
123
Penulis: Panjibaskhara
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved