Piala Dunia 2018

Meski Hanya Guyonan, TvOne Tetap Polisikan Akun bola_gila

Pihak stasiun televisi swasta, Tv One, menyebut tetap akan melaporkan akun instagram, bola_gila ke Polda Metro Jaya, Senin (2/7/2018).

Meski Hanya Guyonan, TvOne Tetap Polisikan Akun bola_gila
FIFA
Kylian Mbappe mencetak dua gol di laga kontra Argentina di babak 16 besar Piala Dunia 2018, Sabtu (30/6/2018) 

PIHAK stasiun televisi swasta, TvOne, menyebut tetap akan melaporkan akun instagram, bola_gila ke Polda Metro Jaya (PMJ), Senin (2/7/2018).

Meskipun dalam akun tersebut, hanya sebatas guyonan. 

Di mana pelaporan itu terkait atas postingan bola_gila. Yang menyebut bahwa TvOne menuliskan di running text tim Argentina menang 4-3 atas tim Perancis dalam perhelatan Piala Dunia.

General Manager News Gathering TvOne, Ecep Esiasa, bahwa isi dari postingan akun itu termasuk pencemaran nama baik.

“(Meski guyonan) Tapi ini mencemarkan dan kami tidak ingin terjadi penyesatan informasi. Ini berbahaya untuk semua., buat kita juga,” kata Ecep, di Mapolda Metro Jaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (2/7/2018).

Apalagi, lanjutnya, postingan tersebut bukanlah produk jurnalistik. Di mana bisa langsung dilaporkan ke pihak kepolisian.

“Seandainnya ini produk jurnalisme tentu kami kan selesaikan ke pihak mekanisme jurnalisme. Ada hak jawab,  hak tolak dan sebagainya. Tapi ini kan sebuah berita bohong yang di-publish di sosmed yang tidak bisa dipertanggingjawabkan dan memang mungkin bercandaan tapi dampaknya sangat serius,” ujarnya.

Di mana, lanjutnya, kepercayaan publik kepada TvOne menjadi sangat turun. Karena rata-rata yang diposting kemudian dianggap itu benar dan dipercaya masyarakat bahwa running text tersebut benar dikeluarkan TvOne.

“Kami pada prinsipnya tidak ingin peristwia yang sama terulang di kemudian hari. Sehingga memang proses penegakkan hukum harus kami tempuh. Bahwa ada persoalan minta maaf dimaafkan atau tidak itu persoalan yang tetep bisa berjalan. Tapi ini kan persoalan hukum yang harus diselesaikan secara hukum,” jelasnya.

Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved