60 Pelajar dan Mahasiswa Dilatih Konservasi Sungai oleh Aktivis Komunitas Ciliwung Depok

60 pelajar SD, SMP dan SMA serta beberapa mahasiswa yang tinggal di sekitar aliran Sungai Ciliwung mendapat pelatihan konservasi sungai.

60 Pelajar dan Mahasiswa Dilatih Konservasi Sungai oleh Aktivis Komunitas Ciliwung Depok
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Aktivis KCD melakukan persiapan untuk memberikan pelatihan konservasi sungai ciliwung ke para pelajar dan mahasiswa. Foto: dokumentasi Komunitas Ciliwung Depok (KCD) 

SEBANYAK 60 pelajar SD, SMP dan SMA serta beberapa mahasiswa yang tinggal di sekitar aliran Sungai Ciliwung di Kota Depok mendapat pelatihan konservasi sungai oleh para aktivis penggiat alam dan lingkungan yang tergabung dalam Komunitas Ciliwung Depok (KCD), Sabtu (30/6/2018) dan Minggu (1/7/2018).

Pelatihan konservasi sungai dalam bentuk kelas alam ini diberikan dengan mengajak para pelajar turun langsung menyusuri Sungai Ciliwung di Depok dengan didampingi para trainer dan aktifis KCD. .

Pendiri KCD Taufik DS mengatakan, pada Sabtu (30/6/2018) atau hari pertama kelas alam Ciliwung ini para pelajar akan mendapatkan materi pengenalan sempadan, pengetahuan tentang konservasi termasuk pengamatan tanaman, penanganan ular sambil melakukan susur Ciliwung dengan jalan kaki di sisi sungai yang berada di kawasan Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas dan Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya

"Lalu pada Minggu, 1 Juli besok, khusus pelajar SMA atau SMK dam mahasiswa akan melakukan pengarungan sungai dengan perahu untuk mengamati kondisi lingkungan dan fenomena alam sungai. Mereka akan kami ajak mengunjungi dua buah Saung Pustaka Air (SPA) di Cikambangan dan Ratujaya, Depok, serta pabrik tahu yang beroperasi di sempadan Ciliwung," kata Taufik kepada Warta Kota, Sabtu (30/6/2018).

Menurut Taufik kegiatan ini bertujuan untuk membangun perilaku dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya merawat sungai.

"Dari pelajar dan mahasiswa ini kami harapkan mereka meneruskannya ke masyarakat luas, akan pentingnya merawat sungai," kata Taufik.

Taufik menyebutkan ke depan Komunitas Ciliwung Depok akan terus mengadakan acara serupa guna menumbuhkan kepedulian lingkungan di sekitar sungai.

"Sebab sejak awal KCD berdiri atas dasar keresahan atas semakin rusaknya ekosistem dan kondisi alam Sungai Ciliwung bagian Tengah di Depok ini. KCD mempunyai visi mempertahankan sempadan sungai sebagai wilayah konservasi. Karenanya gerakan kami selalu mengedepankan misi untuk mengajak masyarakat, yang wilayahnya berada di aliran Ciliwung utk menjaga dan merawat Sungai Ciliwung," papar Taufik. (bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved