10 Kecamatan Jadi Sasaran Operasi Yustisi Dukcapil Kabupaten Bekasi

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bekasi akan melakukan operasi yustisi di 10 Kecamatan Kabupaten Bekasi.

10 Kecamatan Jadi Sasaran Operasi Yustisi Dukcapil Kabupaten Bekasi
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi melibatkan petugas gabungan untuk melakukan Operasi Yustisi di Terminal Induk Kota Bekas, Senin (10/7/2017) pagi. Petugas menghampiri warga dan menanyakan kartu identitas berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk), termasuk mereka yang berada dalam angkutan umum. 

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bekasi akan melakukan operasi yustisi di 10 Kecamatan Kabupaten Bekasi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, Ali Syabana mengatakan, operasi tersebut akan dilakukan selama dua hari di masing-masing kecamatan.

Sepuluh kecamatan itu ialah Cikarang Pusat, Cikarang Selatan, Cikarang Utara, Cikarang Timur, Cikarang Barat, Serang Baru, Babelan dan Tambun Selatan.

Baca: Anies Sebut Kota Jakarta Siap Jadi Lahan dalam Mewujudkan Final Project

"Operasi itu dilakukan guna menertibkan pendatang yang tidak memiliki dokumen kependudukan atau kartu identitas. 10 Kecamatan itu dekat dengan perbatasan dan memiliki kawasan industri. Banyak rumah kontrakan dan juga pemukiman padat penduduk. Biasanya warga pendatang ke situ untuk mencari pekerjaan," katanya saat dihubungi, Sabtu (30/6/2018).

Ia menjelaskan, pendatang yang terjaring dalam operasi akan didata. Kemudian, mereka diwajibkan mengurus administrasi kependudukan.

Baca: Warga Bintaro Keluhkan Pesepeda yang Kuasai Jalanan

"Apabila ingin menjadi warga Kabupaten Bekasi maka harus melampirkan surat keterangan pindah dari daerah asal, tapi jika hanya sementara maka harus membuat keterangan domisili," paparnya.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help