Lansia

Warga Lansia di Jaksel Bertambah, Wali Kkota Imbau Giatkan Germas

Dengan jumlah Lansia yang semakin besar, menjadi tantangan bagi kita semua agar dapat mempersiapkan Lansia yang sehat dan mandiri.

Warga Lansia di Jaksel Bertambah, Wali Kkota Imbau Giatkan Germas
Warta Kota/Feryanto Hadi
Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi (paling kiri) menghadiri acara peringatan Hari Lanjut Usia (HLUN) ke-23, di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Bhineka, Jalan Swadarma Raya Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Kamis (28/6/2018). 

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menggelar acara peringatan Hari Lanjut Usia (HLUN) ke-23 Tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kamis (28/6/2018).

Acara perayaan diadakan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Bhineka, Jalan Swadarma Raya Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi mengatakan, peringatan HLUN ke-23 ini merupakan momen tepat untuk lebih menguatkan komitmen dan meningkatkan semangat warga, agar memberi makna terhadap pentingnya kesehatan.

"Pemeliharaan kesehatan Lansia, hendaknya lebih mengutamakan promotif dan preventif, dengan dukungan pelayanan kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas di fasilitas-fasilitas kesehatan," ujarnya.

Baca: Tri Kurniadi: Di Musrenbang Jangan Cuma Usulan Fisik, tapi juga Non Fisik seperti Kebudayaan

Dia menjelaskan, puskesmas-puskesmas kecamatan di Jakarta Selatan, telah menyelenggarakan pelayanan kesehatan 'Santun Lansia'.

Menurut dia, saat ini  jumlah Lansia di DKI Jakarta saat ini mencapai 745.723 jiwa dan di Jakarta Selatan 161.175 jiwa.

"Dengan jumlah Lansia yang semakin besar, menjadi tantangan bagi kita semua agar dapat mempersiapkan Lansia yang sehat dan mandiri, sehingga nantinya bisa menjadi asset sumber daya manusia yang potensial," ujarnya.

Oleh karena itu, Tri Kurniadi berharap, lansia di Jakarta Selatan dapat selalu menjaga kesehatan dan kebugaran, sehingga tetap aktif dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan..

Baca: Safari Ramadan, Wali Kota Tri Kurniadi Kunjungi Masjid Baitussholihin Jagakarsa

Sementara itu, Kepala Seksi Kesmas Sudinkes Jakarta Selatan Octoviana Carolina mengatakan, peringatat HLUN tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Karena Hari Lanjut Usia pada saat ini adalah terkait dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas," ucapnya.

"Saat ini, kita melakukan senam bersama, makan buah bersama, dan pemeriksaan kesehatan untuk lansia yang hadir pada saat ini. Jadi saat ini kita melakukan tiga kegiatan Germas secara bersamaan di waktu yang sama," ucap Octoviana.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved