4 Layanan Baru di Luncurkan di RSUD Matraman untuk Tingkatkan layanan Pasien

Diharapkan, dengan menggunakan sistem tersebut, pelayanan dan pembiayaan rumah sakit menjadi bermutu, efisien, efektif.

4 Layanan Baru di Luncurkan di RSUD Matraman untuk Tingkatkan layanan Pasien
Warta Kota/Joko Supriyanto
Salah satu layanan yang dihadirkan oleh RSUD Matraman untuk meningkatkan pelayanan pasien. 

DALAM meningkatkan pelayanan masyarakat atau pasien, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Matraman meluncurkan Clinical Reminder System (CRS), Layanan Tuberculosis Resisten Obat, serta Mesin Anjungan Pendaftararan Mandiri.

Direktur RSUD Matraman, Opy Dyah Paramita mengatakan Clinical Reminder System (CRS) adalah suatu sistem aplikasi yang memuat tentang tindakan dokter, terapi, dan pemeriksaani penunjang untuk satu (1) diagnosa. Diagnosanya adalah Diabetes Melitus (DM), Hipertensi, dan Demam Berdarah.

"Diharapkan, dengan menggunakan sistem tersebut, pelayanan dan pembiayaan rumah sakit menjadi bermutu, efisien, dan efektif sesuai dengan ilmu kedokteran terbaru, Selanjutnya seluruh diagnosa akan memakai CRS," kata Opy di RSUD Matraman, Kamis (28/6/2018).

Selain itu pihaknya juga membuka Iayanan Tuberculosis resisten Obat. Dimana hal itu dilakukan sebagai salah satu wujud partisipasi mencapai SDGs. Angka kejadian TB seperti fenomena gunung ES dan Indonesia menduduki peringkat ke 2 di dunia.

Menurutnya angka TB resisten obat juga meningkat, harus mendapatkan pengobatan yang optimal dan pemantauan yang sangat serius. TB resisten obat adalah dimana kuman TB tidak dapat lagi dibunuh oleh obat anti tuberculosis.

Maka, dibutuhkan beberapa obat tambahan dalam pengobatan yang diberikan.

"RSUD Matraman menjadi salah satu RS di Jakarta Timur yang dapat menangani TB resisten obat dengan pemantauan dari Dinas kesehatan dan suku dinas Jakarta timur," katanya.

Tak hanya itu pihaknya untuk juga bekerja sama dengan Sudin Dukcapil dalam program si dukun 3 in 1. Hal itu dilakukan sebagai wujud kerjasama lintas sektoral dengan dinas kependudukan dan catatan sipil dalam meningkatkan pelayanan kepada pasien.

"Nantinya setiap bayi lahir akan mendapatkan Iayanan surat keterangan lahir dari rs, nomor induk kependududukan, akta kelahiran, kartu keluarga, kartu identitas anak, dan id kepesertaan bpjs," ucapnya.

Selain itu semakin berkembangnya teknologi, semakin tidak terelakan pula situasi disruption terjadi. Salah satu cara menghadapi
era ini adalah membawa masa depan ke hari ini, dimana kita dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.

"Guna meningkatkkan pelayanan kepada Pasien dan seiring bertambahnya jumlah Pasien, maka RSUD Matraman melakukan inovasi dengan anjungan pendaftaran mandiri dimana pendaftaran pasien, jadwal praktek dokter, jumlah tempat tidur tersedia dan keluhan pelanggan dapat diakses melalui anjungan pendaftaran mandiri," ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Koesmedi Priharto mengatakan saat ini dengan adanya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dapat mempermudah masyarakat untuk melakukan pengobatan di Rumah Sakit maupun Puskesmas.

"Artinya kalo dulu orang kalo ke Puskesmas mikir punya duit atau ngak, kadang-kadang sakit itu ditahan-tahan sampai sakitnya parah baru ke Rumah Sakit. Untuk itu dengan adanya UHC maka pembiayaan tidak jadi masalah. Nah sekarang kita tinggal rubah pelayanan yang ada di Rumah Sakit atau Puskesmas tidak hanya mengobati orang sakit tapi juga mencegah orang sakit," katanya.

Dirinya meminta kepada Puskemas maupun Rumah Sakit untuk dapat memberikan inovasi-inovasi dalam melayani masyarakat sehingga menjadi pelayanan yang baik kepada para pengujung.

"Dulu kalo cari akte kelahiran itu susah bisa berbulan-bulan nah sekarang kita termudah begitu lahir langsung dapat nomor induk penduduk dan kartu lahir serta akta kelahiran. Jadi masyarakat itu jangan dibikin susah tapi masyarakat itu harus dipertanggung jawabkan," katanya.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved