Kawasan GBK Bebas Kendaraan Bermotor Selama Asian Games

Dinas Perhubungan DKI Jakarta bakal membebaskan kawasan GBK Senayan dari kendaraan bermotor.

Kawasan GBK Bebas Kendaraan Bermotor Selama Asian Games
WARTA KOTA/JOKO SUPRIYANTO
Ilustrasi razia kendaraan bermotor. 

PEMBERLAKUAN rekayasa lalu lintas selama gelaran Asian Games 2018 tidak hanya meliputi perluasan sistem ganjil-genap semata.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta bakal membebaskan kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan dari kendaraan bermotor.

Keputusan tersebut diungkapkan Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko berdasarkan permintaan Indonesian Asian Games Organizing Committee (Inasgoc).

Terkait permintaan Lembaga penyelenggara Asian Games 2018 dan Para Games 2018 itu, pihaknya telah menetapkan sejumlah jalan yang bakal bebas dari kendaraan.

Jalan tersebut antara lain, Jalan Jenderal Sudirman mulai dari Patung Pemuda hingga Polda Metro Jaya, Jalan Gerbang Pemuda dan sepanjang Jalan Pintu Satu Senayan, mulai dari FX Mall Hingga Jalan Asia-Afrika, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Terkait saat pelaksanaan Asian Games, maka sesuai apa yang ditetapkan oleh Inasgoc bahwa kawasan GBK adalah bebas dari kendaraan bermotor," ungkapnya dihubungi pada Rabu (27/6/2018).

Terkait hal tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pengelola gedung perkantoran di sekitar area GBK. Sebanyak 93 gedung akan digunakan sebagai lokasi parkir bagi pengunjung yang hendak menyaksikan pertandingan.

Area parkir tersebut antara lain sebanyak 10 gedung pemerintah, 18 pusat perbelanjaan, 49 gedung perkantoran, 9 gedung privat, 4 hall, satu komplek olahraga, dan dua universitas yang berada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jalan Letjen S Parman, kawasan SCBD, Jalan Asia Afrika, Jalan Gerbang Pemuda, hingga Kompleks Parlemen.

Seluruhnya akan dilengkapi dengan tanda official parking dari Inasgoc, dilengkapi papan informasi dan terdapat data ketersediaan slot parkir yang dapat diakses secara online.

"Jadi area parkir dapat diakses lewat online terkait ketersediaannya, dan terpenting adalah papan informasi berisi jalur menuju venue, peta situasi, jadwal bus, dan jadwal pertandingan," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help