Wiranto: Dari Sekarang Siapkan Sikap Kesatria, Kalah Menang Biasa, Nanti Lima Tahun Main Lagi

Jika ada oknum yang mencoba untuk mengacaukan jalannya pemilihan, ia memerintahkan agar oknum tersebut ditindak tegas.

Wiranto: Dari Sekarang Siapkan Sikap Kesatria, Kalah Menang Biasa, Nanti Lima Tahun Main Lagi
Kompas.com
Wiranto 

PILKADA serentak 2018 bakal digelar Rabu (27/6/2018) besok. Sejumlah pemangku kebijakan pun menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan pejabat daerah, menggunakan video conference yang difasilitasi Mabes Polri.

Menkopolhukam Wiranto memimpin rakor yang digelar secara tertutup, dan menghadirkan sejumlah lembaga terkait itu.

Dalam konferensi pers yang dihelat kemarin siang, ia menyebutkan apa saja yang disampaikan kepada para pejabat daerah terkait persiapan penyelenggaran pilkada serentak. Beberapa di antaranya terkait keamanan dan imbauan kepada partai politik (parpol).

Baca: Anies Baswedan Liburkan Pemprov DKI Jakarta Saat Pilkada Serentak 27 Juni 2018

Wiranto meminta agar para personel gabungan, baik TNI maupun Polri yang akan bertugas mengamankan jalannya pilkada, selalu meningkatkan kewaspadaan.

Jika ada oknum yang mencoba untuk mengacaukan jalannya pemilihan, ia memerintahkan agar oknum tersebut ditindak tegas.

"Kepada aparat keamanan agar betul-betul waspada, tindak tegas pengacau pemilu," ujar Wiranto, dalam konferensi pers yang digelar di Ruang Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (25/6/2018).

Baca: Sophia Latjuba Berniat Nikmati Masa Tua di Jerman

Mewakili pemerintah pusat, ia meminta agar penyelenggara pilkada serentak mengimbau seluruh parpol agar tetap taat pada undang-undang.

"Dan berikutnya, kita tadi beri tahukan kepada teman daerah agar berikan ajakan kepada parpol untuk enggak melanggar UU yang udah ada," ucap Wiranto.

Wiranto juga mengingatkan agar siapa pun yang kalah dalam kontestasi pilkada, harus berjiwa besar dan menyiapkan jiwa kesatria.

Baca: DPRD Takkan Setujui Penjualan Saham PT Delta Djakarta Jika Alasannya Tidak Jelas

Pasangan calon yang kalah harus bisa menerima, karena menurutnya mereka masih memiliki kesempatan untuk mencalonkan diri kembali pada pilkada berikutnya.

"Lalu kita imbau agar dari sekarang udah siapkan sikap-sikap kesatria. Kalah menang istilah biasa, enggak perlu kecewa, nanti lima tahun main lagi," papar Wiranto. (Fitri Wulandari)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved