Piala Dunia 2018

John Obi Mikel Minta Kroasia Bersikap Sportif

Pernyataan Mikel dikritik balik oleh bekas pelatih Spanyol Javier Clemente karena Nigeria pernah menerapkan taktik serupa di Piala Dunia 1998.

John Obi Mikel Minta Kroasia Bersikap Sportif
Dok Goal
Gelandang Chelsea, John Obi Mikel 

KROASIA telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Pelatih Timnas Kroasia Zlatko Dalic mengungkapkan rencananya untuk mengistirahatkan beberapa pemain kunci pada laga melawan Islandia, Rabu (27/6/2018).

Bagi Kroasia, apapun hasil laga itu tak akan berpengaruh kepada posisi mereka sebagai juara Grup D.

Akan tetapi, hasil di laga itu pada kenyataannya akan berdampak terhadap tim lain, yakni Nigeria dan Argentina yang akan saling berhadapan di Saint Peterburg pada waktu yang sama.

Oleh karena itu, pemain gelandang Nigeria John Obi Mikel meminta pelatih Kroasia bertindak ksatria dan tetap menurunkan skuad terbaik di laga melawan Islandia.

"Menurut saya (mengistirahatkan pemain kunci) bukan hal terbaik. Ini turnamen besar, Anda tak bisa mengistirahatkan pemain kunci dan memberi kesempatan kepada tim lain untuk lolos. Mereka harus profesional dan memainkan tim terbaik," ujarnya, seperti dikutip Nigeria Daily Post.

Baca: Bursa Prediksi Jakarta Tetap Unggulkan Argentina meski Penggulannya Makin Kecil

Namun, pernyataan Mikel itu mendapat kritik balik dari bekas pelatih Spanyol Javier Clemente.

Pasalnya, Nigeria pernah menerapkan taktik serupa di Piala Dunia 1998.

Di laga terakhir putaran grup, Nigeria menurunkan skuad lemah dan membiarkan Paraguay menang sehingga Spanyol tersingkir.

"Apa yang kau tanam, itu yang akan tumbuh. Obi Mikel meminta Kroasia bertindak sportif dalam menurunkan susunan pemain starter, tapi di 1998 Nigeria memainkan skuad cadangan melawna Paraguay dan kalah, membuat Spanyol tersingkir. Tampaknya sportivitas bukan sesuatu yang begitu penting pada saat itu," ujarnya.

Berita Ini Juga dimuat di KORAN SUPER BALL, Selasa (26/6/2018)

Editor: Dewi Pratiwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved