Timnas Basket Kursi Roda Keluhkan Peralatan Minim

Menurutnya, kursi roda yang tidak sesuai standar yang telah ditentukan berpengaruh dengan performa para pemain

Timnas Basket Kursi Roda Keluhkan Peralatan Minim
Warta Kota
Timnas Basket Kursi Roda pada laga persahabatan melawan Tim Basket Kursi Roda Thailand menyambut Asian Para Games 2018, Senin (25/6/2018) 

Timnas Basket Kursi Roda masih meniliki kendala dengan peralatan khususnya kursi roda yang digunakan para pemainnya.

Tahun ini merupakan kali pertama Timnas Basket Kursi Roda mengikuti Asian Para Games, namun sang pelatih, Fajar Brilianto mengeluhkan dengan peralatan kursi roda yang belum memadai.

“Kita masih terkendala dengan peralatan kursi rodanya, Agustus baru dapet,” ujar Fajar setelah pertandingan persahabatan Timnas Basket Kursi Roda melawan Tim Basket Kursi Roda Thailand di Old Sport Hall, British School Jakarta, Senin (25/6/2018).

Menurutnya, kursi roda yang tidak sesuai standar yang telah ditentukan berpengaruh dengan performa para pemain saat berada di lapangan karena setiap pemain membutuhkan kursi roda khusus tergantung postur tubuhnya.

 “Ngaruh, sering jatuh. Karena ga sesuai spek pemainnya,” katanya.

 Ia menambahkan saat ini baru ada dua kursi yang dimiliki Timnas Garuda yang sesuai dengan spesifikasi untuk bermain basket bagi Penyandang disabilitas. 

 Sisanya, kata Fajar merupakan hasil modifikasi yang dibikin sendiri agar sesuai dengan ketentuan bermain Basket Kursi Roda.

 Para pemainnya sendiri, berdasarkan pengakuan Fajar kebanyakan berasal dari cabang olahraga lain yang sudah memiliki kemampuan mengendarai kursi roda, hanya Kapten Tim Donald Santoso yang memiliki dasar pemain Basket Kursi Roda.

 “Rata-rata dari cabang olahraga atletik, tenis lapangan, balap kursi roda. Yang kita ambil yang chair skillnya udah bisa, cuma Donald di sini yang basicnya pemain basket,” ujarnya.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: ahmad sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help