Sport Tourism Indonesia Dinilai Semakin Menjanjikan

Jadi momentum untuk menggerakkan setiap insan olahraga dan pariwisata mengembangkan lebih serius sport tourism.

Sport Tourism Indonesia Dinilai Semakin Menjanjikan
Warta Kota/Lilis Setyaningsih
Bertha Gani telah sukses membangun bisnis running management yang popular dikenal dengan runID. 

MOMENT Asian Games dapat dijadikan tonggak memajukan pariwisata olahraga (sport tourism) di Indonesia.

Banyak kajian dan contoh yang bisa membuktikan efek domino dari perhelatan akbar olahraga.

"Asian Games 20018 harus menjadi momentum untuk menggerakkan setiap insan olahraga dan pariwisata mengembangkan lebih serius sport tourism di Indonesia," ujar Bertha Gani dalam konferensi per J.Co Run 2018 di Lapangan Parkir Utara, Mall Alam Sutera, Tangerang belum lama ini.

Ia menjelaskan, banyak kajian yang membahas adanya korelasi jangka pendek antara penyelenggaraan even olahraga terhadap pertumbuham ekonomi suatu negara. Terutama kaitannya dengan pembangunan infrastruktur dan penyerapan tenaga kerja di suatu negara.

Bohlman and van Heerden (2005) dari University of Pretoria Afrika Selatan dalam salah satu kajian simulasinya menyatakan ada pengaruh positif antara kegiatan pre-event piala dunia sepak bola 2010 di Afrika Selatan terhadap pertumbuhan ekonomi Afrika Selatan.

Kajian yang hasilnya kurang lebih sama dilakukan oleh Centre for Regional Economic Analysis (1999) terhadap penyelenggaraan Olimpiade tahun 2000 di Sydney.

Di negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Jepang, juga Cina, olahraga telah menjadi industri yang mampu meningkatkan devisa negara.

Kini, geliat antusiasme masyarakat Indonesia akan olahraga mulai terlihat dengan banyaknya event olahraga berskala nasional.

Hal tersebut diakui Bertha Gani yang telah sukses membangun bisnis running management yang popular dikenal dengan runID.

Olahraga lari makin booming di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari jumlah peserta.

Halaman
1234
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help