Ini Alasan Jennifer Dunn Divonis 4 Tahun Penjara

Selebritas Jennifer Dunn (28) divonis empat tahun kurungan penjara dan denda Rp800 juta oleh Majelis Hakim persidangan.

Ini Alasan Jennifer Dunn Divonis 4 Tahun Penjara
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Jennifer Dunn di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (25/6/2018). 

SELEBRITAS Jennifer Dunn (28) divonis empat tahun kurungan penjara dan denda Rp800 juta oleh Majelis Hakim persidangan.

Vonis yang diterima oleh wanita yang akrab disapa Jeje itu dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (25/6/2018).

Tentu majelis hakim tidak asal-asalan dalam memutuskan perkara Jeje dalam kasus penyalahgunaan narkotika yang mejeratnya akhir tahun 2017 lalu.

Jennifer Dunn saat akan mengikuti sidang vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (25/6/2018).
Jennifer Dunn saat akan mengikuti sidang vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (25/6/2018). (Warta Kota/Arie Puji Waluyo)

Didalam persidangan, sebelum membacakan vonis, hakum ketua, Riyadi Sunindyo Florentinus membacakan apa yang meringankan dan memberatkan dalam kasus Jeje.

"Hal meringankan, terdakwa bersikap sopan di persidangan, terdakwa menyesali perbuatannya, terdakwa mempunyai tanggungan berupa suami dan juga anak," kata Riyadi.

Kemudian, hal yang memberatkan adalah dikatakan Riyadi, bahwa Jeje merupakan publik figur. Jika tetap tidak diadili seadil-adilnya, maka kasus yang dilakukan Jeje bisa diikuti oleh penggemarnya dan juga masyarakat Indonesia.

"Yang memberatkan, terdakwa pernah dihukum dengan narkotika. Dan sebelum nya juga sudah bersinggungan degngan narkoba," ucapnya.

Melihat animo media di persidangan, terdakwa mengaku sebagai ibu rumah tangga, tetapi semua orang dianggap tahu bahwa terdakwa adalah publik figur. Maka dengan perbuatan terdakwa yang bergubungan dengan narkotika, dikhawatirkan menjadi contoh yang tidak baik di masyarakat," tambahnya.

Mulanya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) memberikan tuntutan dengan dakwaan alternatif, yang mengedepankan pasal 127 ayat 1a dalam tuntutannya itu.

Namun, Riyadi menganggap bahwa tidak terpenuhi segala unsur yang ada didalam pasal 127 ayat 1a atas kasus penyalahgunaan dan kepemilikan narkotika golongan satu jenis sabu.

Sehingga, Hakim memvonis Jeje dengan pasal 112 jo pasal 132 UU RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika, sehingga Jeje divonis hukuman penjara empat tahun.

"Berdasarkan fakta persidangan, bahwa terdakwa (Jennifer Dunn) terbutki secara sah bersalah, melakukan percobaan melawan hukum dan menyediakan narkotika dalam kasusnya," jelasnya.

Riyadi menambahkan, dalam fakta persidangan, Jeje pun menyediakan sabu-sabu untuk rekannya, Raditya yang juga sudah ditangkap aparat kepolisian medio 4 Januari 2018 lalu.

"Raditya masuk kekamar terdakwa menawarkan sabu 'mau nggak, itu ada' yang dimaksud ada adalah sabu-sabu golongan 1 karena Raditya pernah mengisap bareng. Terdakwa menggunakan sabu-sabu bukan untuk dirinya sendiri tapi juga menyediakan sabu-sabu utuk orang lain, membuktikan terdakwa menyediakan sabu-sabu untuk Raditya," ujar Riyadi Sunindyo Florentinus. (ARI)

Penulis: Arie Puji Waluyo
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved