Survei Pemilih Jokowi Bakal Pilih Sudirman Said Ketimbang Ganjar Dalam Pilkada Jateng

FSI mengadakan survei guna melihat kecenderungan masyarakat memilih pemimpin Jawa Tengah.

Survei Pemilih Jokowi Bakal Pilih Sudirman Said Ketimbang Ganjar Dalam Pilkada Jateng
Warta Kota/Adhy Kelana
Ilustrasi. Raja dangdut Rhoma Irama memberikan dukungan atas Paslon Cagub Jawa Tengah Sudirman Said-Ida Fauziyah di Jakarta. 

SEBUAH lembaga survei Focus Survei Indonesia (FSI) mengadakan survei guna melihat kecenderungan masyarakat memilih pemimpin Jawa Tengah (Jateng) antara pasangan Sudirman Said-Ida dan Ganjar-Taj Yasin.

Hasilnya terlihat bahwa para pemilih Joko Widodo di Jawa Tengah mayoritas bakal memilih Sudirman Said-Ida, ketimbang memilih Ganjar- Taj Yasin yang diusung PDI-P dan PPP.

Dari sebaran Respoden yang sebanyak 79,2 persen respoden yang pernah memilih Jokowi pada pilpres 2014, sebanyak 60,9 persen memilih pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah, sedangkan yang memilih Ganjar Pranowo-Taj Yasin hanya sebanyak 30,2 persen saja.

Sedangkan responden yang memilih Prabowo Subianto pada saat pilpres 2014, sebanyak 79,2 persen mengaku akan memilih pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah dan sebanyak 12,7 persen memilih pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin.

Apabila dilihat dari demografi profesi, sebanyak 38,1 persen ibu rumah tangga menyatakan memilih Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin dan 49,4 persen memilih Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah.

Sementara para petani, peternak dan nelayan sebesar 52,7 persen memilih Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah, sedangkan 38,7 persen memilih Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin.

"Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah juga unggul untuk pemilih kalangan pengusaha dan wiraswasta yakni 47,83 persen. Sedangkan 42,03 persen memilih pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin," ujar Direktur Survei Fokus Survei Indonesia, Andre Gunawan, Jumat (22/6).

Fokus Survei Indonesia menempatkan elektabilitas pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah unggul di atas Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin. Walaupun popularitas pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah berada masih di angka 87,62 persen, atau di bawah Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin yang unggul di angka 89,7 persen.

"Namun dari sisi kesukaan dan Akseptabilitas masyarakat Jawa Tengah terhadap kedua pasangan ini untuk memimpin Jawa Tengah dengan terpaan berbagai pemberitaan masing masing Cagub nya yaitu antara Ganjar Pranowo dan Sudirman Said, maka Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah lebih tinggi tingkat disukakan dan diterima oleh Masyarakat Jawa Tengah yaitu berada diangka 89,2 persen, sementara Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin hanya berada ditingkat 62,1 persen. Apalagi Ganjar juga tersandung kasus e-KTP," paparnya.

Dalam survei ini Focus Survei Indonesi, melibatkan1.466 orang warga yang sudah berusia 17 tahun dan memiliki hak pilih di 29 kabupaten dan 6 kota se-Jawa Tengah.

Penentuan jumlah sampel mengunakan metode multistage random sampling berdasarkan populasi DPT Jawa Tengah di pilkada 2018 sebanyak 27.068.125. dengan margin eror kurang lebih 2,56 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help