Polisi Ini Siap Gendong Warga yang Tak Bisa Jalan ke TPS Pilkada

Aiptu Mintra sibuk bertandang ke perkampungan warga untuk mengingatkan adanya kegiatan pesta demokrasi ini.

Polisi Ini Siap Gendong Warga yang Tak Bisa Jalan ke TPS Pilkada
Warta Kota
Aiptu Mintra, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Pondokgede saat mengunjungi pemilih yang terbaring sakit di rumahnya di Kampung Rawa Bacang, Jatirahayu, Pondokmelati, Kota Bekasi, Jumat (22/6). Dalam kunjungan itu, Mintra berpesan kepada pemilih yang sakit, Sakbiah (61) dan Ina Royana (46) agar tetap menggunakan hak pilihnya dalam ajang Pilkada, Rabu (28/6) mendatang. 

Memastikan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) berjalan damai memang tugas utama Polri. Di balik itu, meningkatkan jumlah partisipasi pemilih juga menjadi fokus perhatian.

Aiptu Mintra, anggota Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kepolisian Sektor Pondokgede, Kota Bekasi menginginkan, masyarakat khususnya wilayah hukum setempat agar menggunakan hak pilih dalam ajang Pilkada.

Pada Rabu, 27 Juni 2018 mendatang, masyarakat Kota Bekasi mengadakan kegiatan pemilihan Wali dan Wakil Wali Kota Bekasi serta Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023.

Tiga pekan terakhir, Aiptu Mintra sibuk bertandang ke perkampungan warga untuk mengingatkan adanya kegiatan pesta demokrasi ini.

Sasarannya bukan hanya masyarakat umum saja, namun penyandang disabilitas dan orang sakit seperti lumpuh. "Saya ingin pemilih dari penyandang disabilitas dan orang lumpuh juga dapat merasakan pesta demokrasi yang rutin diadakan pemerintah setiap lima tahun," kata Mintra pada Jumat (22/6).

Prinsip tersebut rupanya sudah tertanam sejak lama di benak Aiptu Mintra yang sudah menjadi anggota kepolisian setempat hingga puluhan tahun ini. Pada Jumat (22/6) siang, Mintra mengunjungi empat warga yang sakit dan berusia sepuh, sehingga waktunya lebih banyak terbaring di rumah. Mereka adalah Sakbiah (61) Tiang Aji (81), Ina Royana (46) dan Sanas (64).

Mintra datang ke rumah mereka di Kampung Rawabacang, Kelurahan Jatirahayu, Kecamatan Pondokmelati, Kota Bekasi. Melalui kerabat dan keluarga pasien, petugas berpesan agar mereka dibantu untuk menggunakan hak pilihnya dalam ajang Pilkada nanti.

Bahkan kalau tidak punya kursi roda untuk menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdekat, Mintra siap menggendong pemilih untuk menggunakan haknya.

"Hak pilih mereka sangat menentukan masa depan Kota Bekasi, untuk itu kita harap masyarakat ikut berpartisipasi dengan mencoblos calon kepala daerah yang dipilihnya," ujar dia.

Menurut dia, sebetulnya para pemilih yang sakit cukup antusias dalam ajang Pilkada ini. Mereka bahkan sudah menentukan pilihannya, sehingga mereka berharap bisa difasilitasi dengan baik untuk menggunakan hak pilih.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: ahmad sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help