Kaya Pesan Moral di Balik Budaya Betawi

Di balik hiburannya yang penuh celotehan dan humor, ternyata budaya Betawi itu memiliki banyak pesan moral dan nasihat.

Kaya Pesan Moral di Balik Budaya Betawi
istimewa
Keseruan Kampung Betawi di Pasar Seni Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (16/6/2018). 

WALI Kota Jakarta Husein Murad mengungkapkan bahwa budaya Betawi membawa banyak pesan moral.

Sehingga, sebagai warga Jakarta, sudah seharusnya apresiasi dan menghargai budaya Betawi tersebut.

“Di balik hiburannya yang penuh celotehan dan humor, ternyata budaya Betawi itu memiliki banyak pesan moral dan nasihat. Sehingga, budaya Betawi yang merupakan budaya lokal, jadi tuan di rumahnya sendiri," tutur Husein, Jumat (22/6/2018).

Husein menambahkan perhelatan ‘Semarak Idul Fitri dan Gelar Budaya Betawi Dalam Rangka Menyambut Ulang Tahun Jakarta ke 491’ yang digelar di Pantai Mall ABC Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, bukti adanya kenaikan kelas.

“Kesenian Betawi biasanya ditemukan di kampung-kampung tapi sebentar lagi seniman Betawi akan pentas di tempat-tempat elite seperti hotel berbintang,” ungkap Husein.

Dalam kegiatan yang diramaikan dengan kesenian gambang kromong, palang pintu dan silat betawi pada 22-24 Juni mendatang setiap pukul 16.00-22.00 WIB, para pelaku diberikan wadah untuk terus mengembangkan dan melestarikan kebudayaan Betawi.

“Kedepannya, perhatian pemerintah kepada seniman dan seniwati budaya betawi akan meningkat lagi. Begitu juga dengan aneka kuliner dan kerajinan khas betawi yang akan semakin dikenal masyarakat luas," ujarnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved