Tes Psikologi SIM

Tes Psikologi SIM Tidak Jauh Berbeda dengan Tes Psikologi Lainnya

Menurutnya, para pemohon SIM tidak perlu khawatir lantaran tes psikologi tidak jauh berbeda dengan tes psikologi pada umumnya.

Tes Psikologi SIM Tidak Jauh Berbeda dengan Tes Psikologi Lainnya
WARTA KOTA/PANJI BASKHARA RAMADHAN
Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Daan Mogot melakukan simulasi tes psikologi pemohon SIM, Kamis (21/6). 

SOAL penerapan persyaratan baru di penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) yaitu tes psikologi akan dilaksanakan pada 25 Juni 2018 mendatang.

Demikian dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Satpas SIM Daan Mogot, Kompol Fahri Siregar pada Kamis (21/6/2018) di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.

Menurutnya, para pemohon SIM tidak perlu khawatir lantaran tes psikologi tidak jauh berbeda dengan tes psikologi pada umumnya.

"Mengenai tes psikologi, soal-soalnya itu tidak jauh berbeda dengan soal-soal tes psikologi di umum. Sama saja, tak jauh berbeda. Intinya itu sama saja," kata Fahri.

Dikatakannya, sangat diperlukan tes psikologi di dalam penerbitan SIM. Sebab tes ini, dapat mengetahui kadar emosional calon pengguna SIM semua golongan.

"Tes psikologi ini untuk semua golongan. Soal-soal psikologi ini nantinya berguna untuk bisa mengetahui kadar emosional para pengguna SIM atau pengendara," katanya.

Dia menambahkan kembali, "Penilaian dengan menggunakan materi tes soal seperti selama ini. Jadi ada beberapa soal yang di mana soal itu meliputi beberapa aspek, di dalam penilaian kesehatan rohani, misal bagaimana sesuaikan diri seseorang tersebut, bagaimana ketahanan kerjanya, bagaimana cara adaptasi terhadap di lingkungan, serta kecermatannya, kecerdasan, dan kemampuan konsentrasinya," tambahnya.

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved