Lima ASN di Kabupaten Bekasi Tidak Bekerja Pascalibur Lebaran

"Bila ada unsur pelanggaran nanti kami akan memberikan rekomendasi kepada pimpinannya untuk pemberian sanksi.."

Lima ASN di Kabupaten Bekasi Tidak Bekerja Pascalibur Lebaran
asn.id
ILUSTRASI Aparatur Sipil Negara (ASN) 

LIMA Orang aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Bekasi tidak masuk bekerja pada hari pertama pascalibur bersama Lebaran. Empat orang di antaranya tidak masuk dengan alasan izin cuti melahirkan, sedangkan satu orang lagi cuti di luar tanggungan negara.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bekasi, Oded S Yahya mengatakan, kelima orang yang tidak masuk itu telah mendapatkan izin dari pemerintah daerah. Dengan demikian, pemerintah tidak akan memberikan sanksi kepada mereka.

"Dari 14.273 aparatur, hanya lima yang tidak masuk bekerja," kata Oded di Plaza Pemerintah Kabupaten Bekasi, Desa Sukamahi, Cikarang Pusat, Senin (21/6).

Menurut dia, pemerintah akan memberikan sanksi kepada aparatur yang tidak masuk bekerja tanpa memberikan keterangan. Namun pemberian sanksi diawali dengan pemanggilan pegawai tersebut guna meminta klarifikasi atau alasannya tidak bekerja.

"Oleh petugas akan dicek keterangannya, bila ada unsur pelanggaran nanti kami akan memberikan rekomendasi kepada kepala organisasi perangkat daerah untuk pemberian sanksi," ujarnya.

Oded mengatakan, presensi pegawai dihitung berdasarkan keikutsertaan mereka dalam apel upacara di Plaza Pemerintah Kabupaten Bekasi, di 23 kecamatan, 182 desa dan lima kelurahan setempat.

"Kalau perhitungan apel, 100 persen hadir semua tapi nanti kami akan sidak ke OPD yang ada di Kabupaten Bekasi," imbuhnya.

Setelah melakukan sidak hingga siang hari, kata dia, pihaknya akan melaporkan data tersebut ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan RB).

"Sedang kami lengkapi untuk segera kita laporkan kepada kementrian," ungkapnya.

Pelayanan Publik Normal

Selain mengecek kehadiran pegawai, pihaknya akan memastikan seluruh pelayanan publik di Kabupaten Bekasi berjalan normal. Dengan kehadiran pegawai, harus dipastikan pelayanan publik kepada masyarakat juga tetap berjalan optimal.

Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin mengklaim seluruh pegawainya telah hadir bekerja pasca libur Lebaran ini. Sebab, sebelum apel dilakukan terlebih dahulu dilakukan absensi kepada seluruh pegawai.

"Saya yakin, Insya Allah semua masuk, sejauh ini sudah baik yang hadir," kata Neneng.

Meski demikian, Neneng memerintahkan dinas terkait untuk melakukan sidak guna memastikan kehadiran para PNS.

"Nanti saya langsung melakukan sidak, jika ditemukan tidak ada di ruangan maka akan diberikan sanksi tegas sesuai undang-undang yang berlaku," ujarnya. 

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help